Tim Basket    

Tim Basket

Berbagai macam prestasi berhasil diraih oleh Tim Basket dari SMA Kristen Petra 4.

Laboratorium Biologi    

Laboratorium Biologi

Tersedianya fasilitas yang lengkap demi menunjang proses belajar mengajar yang baik serta memberikan kesempatan siswa untuk melakukan percobaan sendiri.

Berbagi Kasih    

Berbagi Kasih

Belajar berbagi dengan orang lain untuk meningkatkan rasa kepedulian terhadap sesama.

Pendidikan Karakter Kristiani    

Pendidikan Karakter Kristiani

Para siswa SMA Kristen Petra 4 dibekali dengan Pendidikan Karakter Kristiani yang diadakan setiap hari Sabtu, agar mereka semakin dekat dengan ajaran-ajaran Tuhan.

Pekan Budaya    

Pekan Budaya

Melalui busana yang dikenakan, para siswa-siswi SMA Kristen Petra 4 belajar untuk mengenal dan mencintai budaya Indonesia

Juara I Lomba Akuntansi    

Juara I Lomba Akuntansi

Prestasi membanggakan dari para siswa SMA Kristen Petra 4 dalam meraih peringkat pertama dalam lomba akuntansi yang diadakan oleh salah satu perguruan tinggi di Surabaya.

Laboratorium Komputer    

Laboratorium Komputer

Laboratorium dengan unit komputer terbaru, agar para siswa dapat belajar dengan maksimal

Gedung SMA Kristen Petra 4    

Gedung SMA Kristen Petra 4

Proses belajar mengajar dilaksanakan di tempat ini.

Gedung SMA Kristen Petra 4    

Gedung SMA Kristen Petra 4

Proses belajar mengajar dilaksanakan di tempat ini.

Kegiatan Konseling    

Kegiatan Konseling

Para siswa bersama-sama dengan konselor bisa berdiskusi dan memecahkan kesukaran yang mereka hadapi.

Frontpage Slideshow | Copyright © 2006-2012 JoomlaWorks Ltd.
| |

Aku Cinta Indonesia

Pada akhir semester I tepatnya bulan Desember 2014 sekolah kami mengadakan kegiatan yang merupakan wujud realisasi dari tema Character Building yaitu Aku Cinta Indonesia. Dalam kegiatan ini diadakan berbagai macam lomba yang memperkenalkan budaya suatu daerah yang dilakukan dalam kegiatan permainan antara lain: lomba bekel, dakon, catur, engkle, gobaksodor (Go back to door) dan juga rally games pelajaran masing- masing jurusan serta lomba bahasa. Pada puncaknya diadakan lomba anjungan budaya. Berbagai macam budaya disajikan oleh masing-masing kelas. Misalnya: budaya Jawa Tengah diusung oleh kelas XII IPS-2. Kelas ini menampilkan berbagai macam ciri khas dari Jawa Tengah mulai dari pernak-pernik, pakaian adat, permainan tradisional, upacara adat hingga makanan tradisional. Kelas ini juga menyajikan Bengawan Solo buatan dan ketika memasuki ruangan, kita disanbut oleh sepasang pengantin Jawa Tengah dengan mengenakan pakaian adat yang merupakan ciri khas budaya Jawa Tengah dan disini ciri khas budaya Jawa Tengah terasa sangat kental. Sedangkan di kelas XII IPS-1 menampilkan budaya Jawa Barat. Saat memasuki kelas ini kita disambut oleh pintu yang dihias menyerupai gedhek (pintu dari anyaman bambu). Kelas ini juga menyajikan mascot dari Jawa Barat yaitu si Cepot. Cepot adalah wayang yang memiliki wajah berwarna merah dan masih banyak lagi budaya Indonesia yang disajikan kelas-kelas lain, antara lain: Budaya Palembang, Jawa Timur, NTT, Bali, Minang Kabau, dan lain-lain. Melalui kegiatan ini para siswa belajar mengenal budaya Indonesia yang begitu banyak dan unik. Lomba anjungan budaya ini akhirnya dimenangkan oleh kelas XII IPS-2. Para siswa merasa bangga dan senang karena mereka merasa usaha yang mereka lakukan tidak sia-sia dan mereka dapat menikmati acara pekan ini dan yang terpenting kegiatan ini menambah wawasan mereka tentang budaya – budaya yang ada di Indonesia. Maka dari itu marilah kita mencintai dan melestarikan budaya Indonesia

jawa_tengah.jpgwayang.jpgbali.jpgjawa_timur.jpggobaksodor.jpgjawa_barat.jpgminang.jpg

Berbagi

berbagi_03.jpgberbagi_01.jpgberbagi_04.jpgberbagi_02.jpg

Tema kegiatan Pendidikan Karakter yang diselenggarakan pada hari Sabtu, tanggal 2 November 2013 yaitu “Berbagi”. Pada kegiatan kali ini terasa berbeda karena setiap kelas diminta untuk membawa sesuatu yang akan dibagikan kepada 5 pekarya yang ada di SMA Kristen Petra 4.

Masing masing kelas ada yang mengumpulkan uang, kemudian pengurus kelas membelikan sesuatu untuk pekarya seperti membeli kemeja atau jam tangan. Sedangkan kelas yang lain secara sukarela dan kesadaran diri membawa kebutuhan pokok seperti beras, minyak goreng, mie, sirup, kue kaleng, pakaian, dan sebagainya. Semua barang dikumpulkan oleh masing masing kelas pada hari Jumat untuk dikemas dan akan dibagikan keesokan harinya.

Sebelum pekarya mendapat bingkisan dari siswa, mereka berbagi pengalaman selama menjadi pekarya di SMA Kristen Petra 4 Sidoarjo. Pekarya berterima kasih atas kepedulian siswa.

 

Peduli pada Diri Sendiri

peduli01.jpgpeduli02.jpgpeduli03.jpg

Judul di samping adalah tema dari kegiatan kreativitas pendidikan karakter pada tanggal 21 September 2013, di SMA Kristen Petra 4.Kegiatan kreativitas ini dilaksanakan dalam bentuk ibadah dan kegiatan kelas. Dengan mengenakan pakaian batik, semua siswa kelas X, XI, dan XII, mengikuti ibadah bersama yang dilaksanakan di lapangan bola basket yang dilayani oleh Pdt. Dwi Cahyono dari GKJW Luwung, Sidoarjo. Melalui kegiatan ini, siswa diharapkan bisa: memahami arti peduli kepada diri sendiri; menyadari, menerima, serta mensyukuri dirinya sebagai pribadi yang berharga; melihat dengan jelas hal-hal yang bernilai di dalam dirinya; menyadari betapa pentingnya dan menjaga diri secara sungguh-sungguh dalam segala aspek dirinya; memahami hal-hal apa saja yang dapat dilakukan sebagai bentuk rasa peduli kepada diri sendiri; serta melihat dan menyadari betapa pentingnya pengembangan diri dalam segala aspek secara bersungguh-sungguh.

Read more: SMA Kristen Petra 4 - Peduli pada diri sendiri

Memberi Kontribusi

memberi_kontribusi01.jpgmemberi_kontribusi02.jpgmemberi_kontribusi03.jpg

Jumat, tanggal 16 Maret 2013 pada pukul 09.30 pagi tepatnya 20 orang perwakilan OSIS SMA Kristen Petra 4 Sidoarjo telah berkumpul di ruang media SD Petra 12 untuk mengikuti bakti sosial bersama. Bakti sosial kali ini merupakan gabungan antara murid-murid perwakilan TK Kristen Petra 12, SD Kristen Petra 12, SMP Kristen Petra 4, dan SMA Kristen Petra 4.

Read more: SMA Kristen Petra 4 - Memberi Kontribusi

Pengalaman yang Indah

Pengalaman menarik kembali dirasakan oleh siswa siswi SMA Kristen Petra 4 Sidoarjo saat kreativitas sekolah yang dilaksanakan pada hari Sabtu, 10 Desember 2011 Dengan tema “Generasi yang hebat, adalah generasi yang menghargai dan mencintai budaya nusantara”, para siswa diajak untuk secara aktif mengikuti beberapa jenis lomba yang diadakan di lapangan basket, yaitu vocal group, dan memperagakan design baju yang telah dibuat dari barang bekas/daur ulang. Setelah memberikan sambutannya, Ibu Dian selaku kepala SMA Kr Petra 4 Sidoarjo mengajak semua guru karyawan untuk maju ke depan dan bersama-sama menyuguhkan gerak dan lagu yang berjudul “Yo Pro konco”. Sontak, penampilan tak terduga oleh siswa ini membuat suasana di lapangan menjadi makin bersemangat dan memberikan kenangan yang berkesan bagi para siswa. Antusiasme siswa makin bertambah ketika Aulia Betsy dari kelas XI IPS 1 membawakan sebuah tari “Nyuungaeng” dari Madura yang mengisahkan kegembiraan gadis-gadis Madura saat mereka menemukan sumber air saat mereka kekurangan air.

Dalam lomba gerak dan lagu, setiap kelas diwajibkan menyanyikan lagu wajib yang berjudul Rek Ayo Rek serta lagu pilihan yang berupa lagu-lagu daerah. Beragam busana, gaya dan ekspresi ditunjukkan oleh peserta untuk mendukung lagu yang dibawakan dalam lomba tersebut. Kreatifitas siswa juga ditunjukkan pada busana tradisional yang didesain dan dibuat dari bahan bekas/daur ulang yang kemudian harus diperagakan di depan dewan juri dan para siswa.

Sementara itu bertempat di kelas masing masing sebagian siswa dari tiap kelas sibuk mengikuti lomba menata kue tradisional dengan bahan yang telah disiapkan oleh sekolah. Di laboratorium biologi, keterampilan yang didapat dari ekstrakurikuler cooking class dan pelajaran Teknologi Pengolahan merupakan bekal bagi perwakilan siswa yang mengikuti lomba memasak makanan tradisional, sesuai dengan undian yang diperoleh sebelumnya, diantaranya : ote-ote, lemet, pisang goreng.

Antusiasme dan keinginan untuk memberikan yang terbaik serta kemauan untuk belajar mengenai berbagai budaya yang ada di Indonesia terlihat dari berbagai persiapan mereka lakukan. Program Character Building (CB) kali ini menjadi suatu acara yang baru dan tergolong menarik, sebab para siswa ditantang untuk menghadirkan segala sesuatu yang berhubungan dengan kebudayaan Indonesia. Yang tak kalah menarik para siswa mengenakan baju batik sebagai wujud rasa cinta mereka kepada budaya Indonesia.

Veronica XII IPS-2

boost the values reap the success