e-Korean Class Opening Ceremony    

e-Korean Class Opening Ceremony

Peresmian e-Korean Class di SMA Kristen Petra 4. 회망은 꿈이 아니라 꿈을 실현하는 방법이다. Harapan bukanlah impian, tetapi jalan membuat impian menjadi nyata

e-Korean Class Opening Ceremony    

e-Korean Class Opening Ceremony

Manfaatkan dengan baik dan maksimal semua fasilitas dan sumber materi yang telah disediakan pada e-Korean Class.

e-Korean Class Opening Ceremony    

e-Korean Class Opening Ceremony

Teknologi membantu proses belajar mengajar e-Korean Class antara Universitas Kristen Petra, Dongseo University Korea dan SMA Kristen Petra 4

e-Korean Class Opening Ceremony    

e-Korean Class Opening Ceremony

Pada tanggal 12 Desember 2017, telah diresmikan dan dibuka e-Korean Class. Ayo bergabung di kelas bahasa Korea. Kami tunggu ya...

DBL Runner-up    

DBL Runner-up

DBL Runner-up for North Region

Tim Basket    

Tim Basket

Berbagai macam prestasi berhasil diraih oleh Tim Basket dari SMA Kristen Petra 4.

Laboratorium Biologi    

Laboratorium Biologi

Tersedianya fasilitas yang lengkap demi menunjang proses belajar mengajar yang baik serta memberikan kesempatan siswa untuk melakukan percobaan sendiri.

Berbagi Kasih    

Berbagi Kasih

Belajar berbagi dengan orang lain untuk meningkatkan rasa kepedulian terhadap sesama.

Pendidikan Karakter Kristiani    

Pendidikan Karakter Kristiani

Para siswa SMA Kristen Petra 4 dibekali dengan Pendidikan Karakter Kristiani yang diadakan setiap hari Sabtu, agar mereka semakin dekat dengan ajaran-ajaran Tuhan.

Pekan Budaya    

Pekan Budaya

Melalui busana yang dikenakan, para siswa-siswi SMA Kristen Petra 4 belajar untuk mengenal dan mencintai budaya Indonesia

Juara I Lomba Akuntansi    

Juara I Lomba Akuntansi

Prestasi membanggakan dari para siswa SMA Kristen Petra 4 dalam meraih peringkat pertama dalam lomba akuntansi yang diadakan oleh salah satu perguruan tinggi di Surabaya.

Laboratorium Komputer    

Laboratorium Komputer

Laboratorium dengan unit komputer terbaru, agar para siswa dapat belajar dengan maksimal

Gedung SMA Kristen Petra 4    

Gedung SMA Kristen Petra 4

Proses belajar mengajar dilaksanakan di tempat ini.

Gedung SMA Kristen Petra 4    

Gedung SMA Kristen Petra 4

Proses belajar mengajar dilaksanakan di tempat ini.

Kegiatan Konseling    

Kegiatan Konseling

Para siswa bersama-sama dengan konselor bisa berdiskusi dan memecahkan kesukaran yang mereka hadapi.

Frontpage Slideshow | Copyright © 2006-2012 JoomlaWorks Ltd.

e-Korean Class Opening Ceremony

Perkembangan teknologi membawa pengaruh yang besar dalam berbagai bidang, termasuk dunia pendidikan. PPPK Petra mendapatkan hibah dari pemerintah Korea berupa satu set perangkat teknologi untuk pembelajaran bahasa dan budaya Korea di SMA Kristen Petra 4 Sidoarjo. Satu set perangkat teknologi tersebut berupa 20 set komputer beserta meja dan kursi siswa, papan tulis elektronik beserta digital pen,  TV 50 inci, LCD projector, speaker, dan laptop untuk di pakai guru mengajar di kelas tersebut. Hibah tersebut diberikan melalui Korea Association Network Industries (KANI) yang merupakan hasil kerja sama Universitas Kristen Petra dengan Dong Seo University Korea dan King Sejong Institute Foundation.

SMA Kristen Petra 4 Sidoarjo akan membuka e-Korean Class untuk siswa-siswi SMA Kristen Petra 4 Sidoarjo yang tertarik untuk mengembangkan kemampuan bahasa Korea melalui kurikulum yang telah dikembangkan oleh King Sejong Institute Foundation, yakni sebuah institusi kepanjangan tangan dari pemerintah Korea untuk menyediakan pendidikan bahasa dan budaya Korea.

Salah satu ruangan di SMA Kristen Petra 4 di desain sedemikian rupa untuk pelaksanaan

Read more: SMA Kristen Petra 4 - e-Korean Class Opening Ceremony

Art, Science, and Charity Event 2016

 Art, Science, and Charity merupakan event yang di adakan oleh PPPK Petra dengan tujuan untuk mempublikasikan tentang “A New Paradigm” Petra kepada masyarakat serta mengexplor talenta yang dimiliki oleh setiap siswa. Kegiatan Art, Science, and Charity dilaksanakan pada hari Jumat dan Sabtu, tanggal 9-10 Desember 2016, dimulai pukul 08.00 sampai pukul 13.00. Kegiatan ini dihadiri oleh berbagai kalangan baik undangan, masyarakat sekitar, orang tua siswa, calon orang tua siswa bahkan pelajar dari sekolah lain.

Acara dibuka oleh MC dengan menggunakan 4 bahasa, yaitu bahasa Indonesia, Mandarin, Inggris dan Jawa. Kegiatan diawali dengan doa dan menyanyikan lagu Indonesia Raya dilanjutkan Mars Petra, yang dipandu oleh siswa, dilanjutkan testimoni dari perwakilan orang tua siswa dan kepala sekolah serta pemukulan drumb oleh kepala sekolah sebagi tanda kegiatan Art, Science dan Charity dibuka. Dalam event ini sekolah mengundang dari intansi dan lembaga di lingkungan Sidoarjo yang terdiri dari beberapa sekolah, gereja dan perwakilan masyarakat, dimana pada kesempatan yang indah ini kami juga belajar berbagi kepada mereka yang membutuhkan berupa alat tulis, snack dan bahan natura.

 

IMG_4299.JPGIMG_7960.JPGIMG_7956.JPGIMG_4588.JPGIMG_4269.JPGIMG_7995.JPG

Tamu undangan dan pengunjung dipuaskan dengan suguhan yang sangat menarik dari kegiatan art, antara lain Solo vocal, Vocal grup, band, baca puisi, tari tradisional, modern dance, beat box, pantomin, paduan suara, parikan, demikian juga talenta hasta karya seni (batik, melukis, membuat topeng) bahkan pengunjung dapat ikut serta mempersembahkan talenta yang dimiliki di bidang art. Tidak kalah menariknya pengunjung dapat menikmati stand science yang terdiri dari bidang Kimia (Telur dalam botol, Koin hijau, Pelangi, Dam car, Uji Formalin, Surat rahasia), bidang Fisika (Kereta magnet, Tegangan permukaan, Muschenbroek, Dilatometer, Mengukur arus tegangan potensial, Magnet, Gaya Lorent, Neraca) bidang Biologi, para siswa juga melayani pengunjung yang ingin mengetahui golongan darah, chek tekanan darah secara gratis. Selain itu banyak stand-stand permainan ketangkasan untuk mengikuti uji nyali dengan hadiah yang menarik, stand pembelajaran dengan IT (Flipped classroom) dan juga bazar yang disediakan oleh siswa siswi dengan berbagai macam makanan dan minuman yang disukai remaja masa kini. Kegiatan ini juga diramaikan dengan kegiatan olahraga, tenis meja, Gym, lomba bola basket (three on three) lomba tersebut terbuka untuk umum, kegiatan tersebut bertujuan memperkenalkan salah satu program Excelent point basket Petra 4 kepada para pengunjung. Art, science, and charity event juga di ramaikan dengan game yang diadakan oleh OSIS SMA Kristen Petra 4, selain itu para pengunjung juga dapat berfoto di arena 3D art photobooth. Tidak kalah dengan siswanya bapak-ibu guru juga mempersembahkan talenta di bidang bermusik dengan grup band nya yang dikomandani Bp. Yulius. Pada akhir acara di hari kedua art, science, and charity semakin meriah dengan multi talent yang dimiliki oleh anak anak FKKI, membuat seluruh pengunjung ikut menarikan tari daerah NTT yang energik dan memukau. Di penghujung acara, MC yang luar biasa, Ibu Dyah dan Bp. Yanuar mengajak semua siswa dan pengunjung mengikuti flash mob & mannequin challenge selama kurang lebih 45 menit. Tanpa terasa waktu sudah menunjukan pukul 12.00 waktunya kita mengakhiri acara……kapan yaaaaa ada acara seperti ini lagi,… amazing anak smatr@pat>. Tuhan memberkati kita semua.

 

Welcome to smatr@pat.........!

Tahun ajaran baru merupakan saat yang ditunggu oleh anak-anak dan orang tua, teristimewa remaja yang akan memasuki jenjang SMA, karena konon katanya SMA merupakan masa yang paling indah bagi kehidupan remaja. Jumat, 15 Juli 2016 SMA Kristen Petra 4 dipenuhi wajah-wajah ceria dari siswa baik kelas X, XI maupun XII, karena merupakan hari pertama masuk sekolah. Mereka mendapat pengarahan dari wali kelas dalam beberapa hal antara lain, tata tertib sekolah, rule of class yang harus ditaati, pembentukan pengurus kelas, khususnya kelas XI dan XII, karena pada saat MPLSPDB tanggal 18-20 Juli mereka masih dapat menikmati libur kembali

MPLSPDB

Saat dimana siswa kelas X mengenal sekolah yang dipilihnnya, mereka wajib mengikuti kegiatan MPLSPDB (Masa Pengenalan Lingkungan Sekolah Peserta Didik Baru), materi wajib yang mereka terima antara lain Pengenalan kurikulum 2013, Tata krama, Dinamika kelompok, Wawasan wiyata mandala, disamping itu mereka juga mendapat materi tambahan sesuai program sekolah antara lain Cara belajar efektif, Healthy life style, pendidikan kepramukaan, baris berbaris, pengenalan perpustakaan, cinta tanah air, upacara bendera, cinta Petra, gali talenta bahkan mereka diwajibkan membawa menu makanan sehat dari rumah agar terbiasa mengkonsumsi sayur dan buah.

Walau jadwal sangat padat, dengan penuh semangat dan antusias siswa kelas X mengikuti kegiatan selama 3 hari yang dimulai pukul 06.15 sampai pukul 15.00. Siswa kelas X berjumlah 170 siswa yang dibagi dalam kelompok dengan nama Brave, Honest, Loyal, Respect, dan Wise. Pada akhirnya, untuk menutup kegiatan MPLSPDB Rabu, 20 Juli 2016, diawali dengan ibadah bersama yang dipimpin oleh tim PD dan dilanjutkan penampilan setiap kelompok dengan mempersembahkan talenta yang mereka miliki, seperti perkusi, lipsync, vocal group, drama komedi, dan dance sebagai puncaknya pengurus OSIS tidak mau ketinggalan untuk menampilkan talentanya. Tanpa terasa 3 hari mengikuti MPLSPDB berlalu, banyak manfaat, kesan yang dapat mereka rasakan.

Karena masa MPLSPDB merupakan masa dimana mereka sungguh-sungguh mengenal sekolah karena nantinya merupakan “ School is my second home” bagi mereka. Selamat datang adik adik kelas X.....selamat berjuang untuk meraih cita dan asa ....melalui Petra pasti kau dapatkan pusaka nan mulia......Petra ya Petra megah...

 

Presentasi yel yel.JPGKau temankukita selalu bersama.JPGPenyematan tanda peserta.JPG

 

Merdeka....!!! Merdeka.....!!! Merdeka.......!!!

Demikian pekik kemerdekaan yang selalu berkumandang di angkasa setiap kita memperingati hari lahirnya bangsa Indonesia, sehingga dapat menambah semangat dalam mengisi kemerdekaan Republik Indonesia tercinta.

Semangat itu juga yang dirasakan oleh siswa SMA Kristen Petra 4 Sidoarjo dalam memaknai HUT ke-71 RI, dengan berbagai kegiatan. Rangkaian kegiatan dimulai pada hari Selasa, 16 Agustus yang diawali  dengan Jalan Sehat bersama seluruh warga SMA Kristen Petra 4, kemudian dilanjutkan dengan berbagai lomba antara lain, rally game, balap karung estafet, handycraf daur ulang, bakiak raksasa, Petra Got Talent dan ditutup dengan tarik tambang yang seru dan menghebohkan.

AGUSTUS CERIA SMATR@PAT

Merdeka....!!! Merdeka.....!!! Merdeka.......!!!

Demikian pekik kemerdekaan yang selalu berkumandang di angkasa setiap kita memperingati hari lahirnya bangsa Indonesia, sehingga dapat menambah semangat dalam mengisi kemerdekaan Republik Indonesia tercinta.

Semangat itu juga yang dirasakan oleh siswa SMA Kristen Petra 4 Sidoarjo dalam memaknai HUT ke-71 RI, dengan berbagai kegiatan. Rangkaian kegiatan dimulai pada hari Selasa, 16 Agustus yang diawali  dengan Jalan Sehat bersama seluruh warga SMA Kristen Petra 4, kemudian dilanjutkan dengan berbagai lomba antara lain, rally game, balap karung estafet, handycraf daur ulang, bakiak raksasa, Petra Got Talent dan ditutup dengan tarik tambang yang seru dan menghebohkan.

Tanggal 17 Agustus 2016 dilaksanakan upacara bendera gabungan dengan SMP Kristen Petra, ada yang spesial pada saat upacara bendera karena petugas upacara terdiri dari bapak ibu guru/karyawan. Dengan khidmat siswa mengikuti upacara untuk dapat menghayati kecintaan terhadap negeri Indonesia. Sekolah juga merasa bangga karena ada 2 siswa yang dipercaya sebagai anggota Paskibraka tingkat Kabupaten, Cindy Aprilia kelas XI IPA1 dan Rheza Paleva Wijaya dari kelas XII IPA1.

Tanggal 18-20 Agustus 2016 siswa kelas XI mengikuti kegiatan retret yang dilaksanakan di dua tempat yaitu untuk kelas XI IPA1, XI IPS2, XI IPS 3 di Bukit Hermon dilayani oleh Pendeta Deddy G Satyaputra, sedangkan kelas XI IPA2 dan XI IPS1 di Griya Kusuma Indah Pacet dilayani oleh Pendeta Rahmat Zakharia, dengan tema "YOUTH WITH A VISSION" . Hari kedua kegiatan tetret berupa outbound dengan nama Meniti Masa Depan, I Hear You dan Genggam Erat, diikuti dengan penuh semangat oleh siswa kelas XI. Malam harinya kegiatan diisi dengan Talent and Commitment dan diakhiri dengan api unggun serta renungan malam, agar para siswa menghayati betapa besar cinta kasih Tuhan terhadap setiap pribadi yang Dia ciptakan.

Dalam rangkaian AGUSTUS CERIA SMATR@PAT”  sekolah juga menyelenggarakan Pameran Pendidikan Tunggal pada tanggal tanggal 22, 24 dan 25 Agustus 201. Pameran ini bertujuan memberikan layanan bagi siswa khususnya kelas XII yang akan melanjutkan ke Perguruan Tinggi. Mereka dibekali dengan berbagai informasi tentang dunia perkuliahaan, sebelum memutuskan untuk melanjutkan ke jenjang yang lebih tinggi. Senin, 22 Agustus 2016 salah satu Universitas peserta pameran pendidikan hadir di SMA Kristen Petra 4 untuk menyosialisasikan serta memberikan gambaran tentang jurusan/program studi yang dapat diilih oleh siswa serta prospek kariernya kepada orang tua siswa kelas XII agar orang tua siswa tidak salah memilih study lanjut bagi putra putrinya. Biarlah melalui AGUSTUS CERIA SMATR@PAT”  menambah semangat siswa SMA Kristen Petra 4 dalam mencapai asa dan masa depan, dan nama Kristus semakin dipermuliakan.

Sesi digodatak ternoda.JPGKreasi Handycraf.JPGGali talenta Retret.JPGBakiak raksasa.JPGPameran Pddkan UKP2.jpgRenungan malam2.jpgGame meniti masa depan2.jpgPameran Pddkn UWM2.jpgPameran Pddkan UBAYA.JPG

 

Merdeka....!!! Merdeka.....!!! Merdeka.......!!!

Demikian pekik kemerdekaan yang selalu berkumandang di angkasa setiap kita memperingati hari lahirnya bangsa Indonesia, sehingga dapat menambah semangat dalam mengisi kemerdekaan Republik Indonesia tercinta.

Semangat itu juga yang dirasakan oleh siswa SMA Kristen Petra 4 Sidoarjo dalam memaknai HUT ke-71 RI, dengan berbagai kegiatan. Rangkaian kegiatan dimulai pada hari Selasa, 16 Agustus yang diawali  dengan Jalan Sehat bersama seluruh warga SMA Kristen Petra 4, kemudian dilanjutkan dengan berbagai lomba antara lain, rally game, balap karung estafet, handycraf daur ulang, bakiak raksasa, Petra Got Talent dan ditutup dengan tarik tambang yang seru dan menghebohkan.

Mystery of a Golden Nation

Pada tahun ajaran 2015/2016, SMA Kristen Petra 4 Sidoarjo mengadakan kegiatan pentas seni yang bertempat di aula SD Kristen Petra 12, Sidoarjo. Pentasseni kali ini adalah jawaban atas kerinduan kami untuk mengembangkan talenta yang dimiliki oleh siswa siswi SMA Kristen Petra 4, karena melibatkan lebih dari 150 pengisi acara. Bukan sebuah hal yang mudah dan tanpa rintangan kalau kami “Smatrapat airlines” berhasil mengemas acara pentas seni yang bertajuk "Mistery of a golden nation" ini. Bertujuan untuk memperkenalkan dan mengingatkan tentang kekayaan budaya Indonesia yang sudah mulai dilupakan oleh generasi mudanya, serta untuk menumbuhkan kebanggaan kita akan Indonesia, maka kami menampilkan berbagai budaya Indonesia yang kami kolaborasi kan dengan budaya asing dan modern, sebagai bukti bahwa budaya Indonesia dapat dipadupadankan dengan budaya asing dan menjadi sebuah karya seni yang menarik dan menghibur.

Setelah melalui proses latihan yang sangat intens, hari yang ditunggu-tunggu pun tiba. Tepat pukul 18.15 WIB pada hari Jumat, tanggal 29 Januari 2016, kegiatan pensi pun dimulai. Lagu “Ekspresi” yang dipopulerkan oleh Titi DJ menjadi penampilan pembuka, dilanjutkan dengan pembacaan doa yang dipimpin oleh Ibu Erline M.Palandi, S.Pd.Setelah itu Mars Petra berkumandang untuk mengawali kegiatan pensi, dilanjutkan sambutan dari Ibu Elisabeth Dian P.,S.Pd.,M,M., selaku Kepala SMA Kristen Petra 4, dan sambutan dari Bapak Dr. Ir. J. Heryanto, M.S., MBA.,selaku Ketua 1 PPPK Petra Surabaya.

Pensi kali ini menceritakan tentang empat sekawan yang ingin memecahkan sebuah misteri dengan melakukan perjalanan keliling Indonesia dengan menggunakan SM@TR@PAT airlines untuk mencari golden circle yang tersebar dibeberapa daerah di Indonesia. Mereka memulai perjalanan dari Jawa Timur yang diwakili oleh tarian “Gelang Roum”dari Madura yang ditampilkan oleh tim dance spartan. Berturut-turut mereka melanjutkan perjalanan menuju Aceh yang terkenal dengan tari samannya, ke Sumatera Utara dan disambut dengan tari tor-tor. Kisah anak durhaka “Malin Kundang” dari Sumatera Barat yang dikemas dalam drama komedi semakin menghidupkan suasana, tetapi masih tetap syarat dengan pesan moral bahwa kita harus menghormati orang tua kita. Tarian dari Kalimantan, tari kipas dari Sulawesi Selatan, tari polonaise dari Maluku, tari Papua, tari kecak dari Bali, tari Jaranan dari Jogja, tari ondel-ondel dari Jakarta, Jaipong dari Jawa Barat, yang hampir semua tarian sudah dikolaborasikan dengan gerakan dance modern. Fashion show dan drama Roro Jonggrang tidak ketinggalan menjadi salah satu bagian yang sangat menghibur. Destinasi terakhir yang di tunggu-tunggu adalah tarian dari NTT, yang ditampilkan oleh siswa-siswa FKKI (Forum Komunikasi Kristen Indonesia), melalui suara beat box yang dipadukan dengan dance, membuat suasana menjadi semakin riuh dan tidak sedikit penonton mengikuti gerakan dan nyanyian khas dari NTT tersebut. Setelah menemukan pecahan puzlle golden circle, empat sekawan tersebut menyusunnya membentuk lambang Negara Republik Indonesia, yaitu Garuda Pancasila. Menghargai dan mencintai Indonesia adalah suatu keharusan sebagai warga negara Indonesia. Tugas kita adalah menjaga dan melestarikannya agar Indonesia tetap jaya dan abadi. Sedikit hal yang kami lakukan, tetapi kami yakini bias memberikan kenangan yang indah bagi siswa siswi SMA Kristen Petra 4 untuk memberikan kontribusi akan kecintaan kita kepada bangsa dan negara Indonesia.

Terimakasih untuk panitia, pendukung acara dan seluruh siswa, terimakasih atas kesempatan kita bisa belajar bersama.

boost the values reap the success