e-Korean Class Opening Ceremony    

e-Korean Class Opening Ceremony

Peresmian e-Korean Class di SMA Kristen Petra 4. 회망은 꿈이 아니라 꿈을 실현하는 방법이다. Harapan bukanlah impian, tetapi jalan membuat impian menjadi nyata

e-Korean Class Opening Ceremony    

e-Korean Class Opening Ceremony

Manfaatkan dengan baik dan maksimal semua fasilitas dan sumber materi yang telah disediakan pada e-Korean Class.

e-Korean Class Opening Ceremony    

e-Korean Class Opening Ceremony

Teknologi membantu proses belajar mengajar e-Korean Class antara Universitas Kristen Petra, Dongseo University Korea dan SMA Kristen Petra 4

e-Korean Class Opening Ceremony    

e-Korean Class Opening Ceremony

Pada tanggal 12 Desember 2017, telah diresmikan dan dibuka e-Korean Class. Ayo bergabung di kelas bahasa Korea. Kami tunggu ya...

DBL Runner-up    

DBL Runner-up

DBL Runner-up for North Region

Tim Basket    

Tim Basket

Berbagai macam prestasi berhasil diraih oleh Tim Basket dari SMA Kristen Petra 4.

Laboratorium Biologi    

Laboratorium Biologi

Tersedianya fasilitas yang lengkap demi menunjang proses belajar mengajar yang baik serta memberikan kesempatan siswa untuk melakukan percobaan sendiri.

Berbagi Kasih    

Berbagi Kasih

Belajar berbagi dengan orang lain untuk meningkatkan rasa kepedulian terhadap sesama.

Pendidikan Karakter Kristiani    

Pendidikan Karakter Kristiani

Para siswa SMA Kristen Petra 4 dibekali dengan Pendidikan Karakter Kristiani yang diadakan setiap hari Sabtu, agar mereka semakin dekat dengan ajaran-ajaran Tuhan.

Pekan Budaya    

Pekan Budaya

Melalui busana yang dikenakan, para siswa-siswi SMA Kristen Petra 4 belajar untuk mengenal dan mencintai budaya Indonesia

Juara I Lomba Akuntansi    

Juara I Lomba Akuntansi

Prestasi membanggakan dari para siswa SMA Kristen Petra 4 dalam meraih peringkat pertama dalam lomba akuntansi yang diadakan oleh salah satu perguruan tinggi di Surabaya.

Laboratorium Komputer    

Laboratorium Komputer

Laboratorium dengan unit komputer terbaru, agar para siswa dapat belajar dengan maksimal

Gedung SMA Kristen Petra 4    

Gedung SMA Kristen Petra 4

Proses belajar mengajar dilaksanakan di tempat ini.

Gedung SMA Kristen Petra 4    

Gedung SMA Kristen Petra 4

Proses belajar mengajar dilaksanakan di tempat ini.

Kegiatan Konseling    

Kegiatan Konseling

Para siswa bersama-sama dengan konselor bisa berdiskusi dan memecahkan kesukaran yang mereka hadapi.

Frontpage Slideshow | Copyright © 2006-2012 JoomlaWorks Ltd.

SMA Kristen Petra 4 - Sejarah

Berbekal semangat dan kemauan yang sangat kuat dari beberapa anggota dewan pengurus PPPK Petra pada tahun 1988 silam, akhirnya membuahkan hasil yang dapat dibanggakan. Di bawah pimpinan Ir. Soewandi sebagai ketua PPPK Petra pada masa itu, mereka bersama-sama mewujudkan impian dan cita-cita mulia, mengembangkan sayap guna membantu negeri mencetak sebuah generasi yang berintelektual tinggi dan berkepribadian mulia. Karena itu, berdirilah SMA Kristen Petra 4 pada tahun 1988.

Berbagai tantangan dihadapi, namun perjuangan tiada henti. Perjuangan menghadapi pertentangan masyarakat, sampai perjuangan untuk mendapatkan izin dari pemerintah (bupati). Menerima siswa dari golongan bawah hingga menengah, merupakan perwujudan dari salah satu tujuan awal didirikannya sekolah ini, yaitu melayani sesama dan menjadi berkat bagi masyarakat sekitar, selain menjadi wadah untuk menampung siswa lulusan SMP Kristen Petra 4. Pada tahun ajaran 1988/1989, tahun pertama berdirinya SMA Kristen Petra 4, Almarhum Drs. Rusdiarsa dipercaya menjadi Kepala SMA Kristen Petra 4.

Berbekal pengalaman menjadi Kepala SMP Kristen Petra 4, Almarhum Drs. Rusdiarsa mampu menjalankan roda kepemimpinannya pada saat itu. Menempati ruang aula SMP Kristen Petra 4, yang disekat dengan menggunakan papan tripleks, menjadi tiga ruang kelas sebagai tempat belajar, menunjukkan bahwa semangat dan kemauan belajar yang tinggi, terlihat bukan hanya pada para pendidik, namun juga pada siswanya. Mendidik siswa bukan hanya harus pandai dalam ilmu pengetahuan, melainkan membentuk sebuah kepribadian yang utuh dengan beriman teguh pada Injil sebagai landasan yang kuat.

Berkat kerja sama, ketekunan, dan kedisiplinan, baik para pengajar maupun para siswa, membuahkan hasil yang gemilang dengan tingkat kelulusan siswa kelas III yang mencapai 100% pada itu, bahkan menduduki peringkat kedua di tingkat Kabupaten Sidoarjo.

Seiring dengan berjalannya proses belajar mengajar pada tahun pertama, proses pembangunan gedung baru bagi SMA Kristen Petra 4 juga dilaksanakan. Pembangunan gedung berlantai dua dan memiliki sebelas ruang ini dapat diselesaikan dengan baik. Sehingga pada tahun ajaran 1989/1990, SMA Kristen Petra 4 sudah dapat menggunakan gedungnya yang baru. Berbagai prestasi berhasil diukir bersama, sejalan dengan semangat dan kekuatan yang tinggi untuk menempati gedung sekolah yang baru. Sebagai juara dalam lomba pemilihan bintang radio dan televisi tingkat kabupaten, sebagai juara dalam lomba drama tingkat kabupaten, seakan memacu semangat untuk lebih meningkatkan diri dan berprestasi, bukan hanya dalam bidang akademik melainkan nonakademik juga. Kepemimpinan Almarhum Drs. Rusdiarsa di SMA Kristen Petra 4 berakhir pada tahun 1997, karena beliau dipercaya untuk menjadi Kepala SMA Kristen Petra 3.

Pada tahun ajaran 1997/1998, perjalanan kepemimpinan SMA Kristen Petra 4 dilanjutkan oleh Dra. Canisia Paula, yang sebelumnya menjadi wakil kepala sekolah di SMA Kristen Petra 5. Sebagai kepala sekolah yang baru, ibu dua orang anak ini berhasil membawa SMA Kristen Petra 4 lebih dikenal dan berkembang dengan pesat. Hal ini terbukti dengan berbagai prestasi yang telah diraih oleh beberapa siswa. Sebagai juara dalam lomba drum band tingkat nasional, juara bola basket DBL (Deteksi Basketball League) tingkat provinsi, meraih medali perak dalam OSN (Olimpiade Sains Nasional) bidang kimia, dan lomba-lomba yang lain, seakan mewarnai sejarah perjalanan SMA Kristen Petra 4. Didukung dengan kerja sama, dedikasi yang tinggi, serta kesatuan hati untuk melayani dari seluruh komponen sekolah, SMA Kristen Petra 4 tetap dapat mempertahankan kredibilitasnya di hadapan masyarakat luas, baik di tingkat kabupaten maupun di tingkat nasional.

Tongkat kepimimpinan Dra. Canisia Paula pun berakhir pada tahun 2008, saat beliau memasuki masa purnatugas. Tongkat estafet kepemimpinan berikutnya diberikan kepada Ibu Elisabeth Dian Pujilestari, S.Pd., yang sebelumnya menjadi Kepala SMP Kristen Petra 2. Sebagai pemimpin yang baru pada dekade ketiga, dengan semangat dan dedikasi yang tinggi pula, beliau mengemban tugas untuk membawa SMA Kristen Petra 4 lebih maju dan berkembang, baik di tingkat kabupaten, provinsi, nasional, maupun internasional. Menghasilkan generasi yang tidak hanya pandai dalam ilmu pengetahuan, tetapi generasi yang tangguh. Tangguh dalam kepandaian, juga tangguh dalam iman, adalah harapan dan cita-cita yang ingin diwujudkan bersama oleh seluruh komponen, baik kepala sekolah, guru, maupun karyawan. Seiring dengan upaya tersebut, semangat untuk memberikan pelayanan terbaik kepada para pemangku kepentingan, senantiasa menjadi motivasi yang harus dimiliki oleh seluruh komponen yang ada di SMA Kristen Petra 4. Salah satunya adalah dengan melakukan perbaikan dan penambahan sarana/prasarana yang diperlukan, seperti penambahan gedung berlantai dua yang diperuntukkan sebagai ruang perpustakaan, ruang media, dan ruang kelas. Selain itu, ditambah pula dengan pemasangan AC dan perangkat teknologi informasi di setiap ruang kelas, laboratorium, ruang media, serta perbaikan lapangan olahraga untuk dijadikan lapangan semi-indoor. Meraih kembali medali perak pada OSN bidang studi kimia pada tahun 2009/2010, menunjukkan bahwa SMA Kristen Petra 4 tetap memiliki kemampuan dan kekuatan untuk berkompetisi dengan sekolah lain di tingkat nasional.


Periode Kepala Sekolah

  • Drs. Rusdiarsa (periode 1988—1997).
  • Dra. Canisia Paula M.M. (periode 1997—2008).
  • Ibu Elisabeth Dian Pujilestari, S.Pd. (periode 2009—sekarang).

 

boost the values reap the success