e-Korean Class Opening Ceremony    

e-Korean Class Opening Ceremony

Peresmian e-Korean Class di SMA Kristen Petra 4. 회망은 꿈이 아니라 꿈을 실현하는 방법이다. Harapan bukanlah impian, tetapi jalan membuat impian menjadi nyata

e-Korean Class Opening Ceremony    

e-Korean Class Opening Ceremony

Manfaatkan dengan baik dan maksimal semua fasilitas dan sumber materi yang telah disediakan pada e-Korean Class.

e-Korean Class Opening Ceremony    

e-Korean Class Opening Ceremony

Teknologi membantu proses belajar mengajar e-Korean Class antara Universitas Kristen Petra, Dongseo University Korea dan SMA Kristen Petra 4

e-Korean Class Opening Ceremony    

e-Korean Class Opening Ceremony

Pada tanggal 12 Desember 2017, telah diresmikan dan dibuka e-Korean Class. Ayo bergabung di kelas bahasa Korea. Kami tunggu ya...

DBL Runner-up    

DBL Runner-up

DBL Runner-up for North Region

Tim Basket    

Tim Basket

Berbagai macam prestasi berhasil diraih oleh Tim Basket dari SMA Kristen Petra 4.

Laboratorium Biologi    

Laboratorium Biologi

Tersedianya fasilitas yang lengkap demi menunjang proses belajar mengajar yang baik serta memberikan kesempatan siswa untuk melakukan percobaan sendiri.

Berbagi Kasih    

Berbagi Kasih

Belajar berbagi dengan orang lain untuk meningkatkan rasa kepedulian terhadap sesama.

Pendidikan Karakter Kristiani    

Pendidikan Karakter Kristiani

Para siswa SMA Kristen Petra 4 dibekali dengan Pendidikan Karakter Kristiani yang diadakan setiap hari Sabtu, agar mereka semakin dekat dengan ajaran-ajaran Tuhan.

Pekan Budaya    

Pekan Budaya

Melalui busana yang dikenakan, para siswa-siswi SMA Kristen Petra 4 belajar untuk mengenal dan mencintai budaya Indonesia

Juara I Lomba Akuntansi    

Juara I Lomba Akuntansi

Prestasi membanggakan dari para siswa SMA Kristen Petra 4 dalam meraih peringkat pertama dalam lomba akuntansi yang diadakan oleh salah satu perguruan tinggi di Surabaya.

Laboratorium Komputer    

Laboratorium Komputer

Laboratorium dengan unit komputer terbaru, agar para siswa dapat belajar dengan maksimal

Gedung SMA Kristen Petra 4    

Gedung SMA Kristen Petra 4

Proses belajar mengajar dilaksanakan di tempat ini.

Gedung SMA Kristen Petra 4    

Gedung SMA Kristen Petra 4

Proses belajar mengajar dilaksanakan di tempat ini.

Kegiatan Konseling    

Kegiatan Konseling

Para siswa bersama-sama dengan konselor bisa berdiskusi dan memecahkan kesukaran yang mereka hadapi.

Frontpage Slideshow | Copyright © 2006-2012 JoomlaWorks Ltd.
| |

Pengalaman yang Indah

Pengalaman menarik kembali dirasakan oleh siswa siswi SMA Kristen Petra 4 Sidoarjo saat kreativitas sekolah yang dilaksanakan pada hari Sabtu, 10 Desember 2011 Dengan tema “Generasi yang hebat, adalah generasi yang menghargai dan mencintai budaya nusantara”, para siswa diajak untuk secara aktif mengikuti beberapa jenis lomba yang diadakan di lapangan basket, yaitu vocal group, dan memperagakan design baju yang telah dibuat dari barang bekas/daur ulang. Setelah memberikan sambutannya, Ibu Dian selaku kepala SMA Kr Petra 4 Sidoarjo mengajak semua guru karyawan untuk maju ke depan dan bersama-sama menyuguhkan gerak dan lagu yang berjudul “Yo Pro konco”. Sontak, penampilan tak terduga oleh siswa ini membuat suasana di lapangan menjadi makin bersemangat dan memberikan kenangan yang berkesan bagi para siswa. Antusiasme siswa makin bertambah ketika Aulia Betsy dari kelas XI IPS 1 membawakan sebuah tari “Nyuungaeng” dari Madura yang mengisahkan kegembiraan gadis-gadis Madura saat mereka menemukan sumber air saat mereka kekurangan air.

Dalam lomba gerak dan lagu, setiap kelas diwajibkan menyanyikan lagu wajib yang berjudul Rek Ayo Rek serta lagu pilihan yang berupa lagu-lagu daerah. Beragam busana, gaya dan ekspresi ditunjukkan oleh peserta untuk mendukung lagu yang dibawakan dalam lomba tersebut. Kreatifitas siswa juga ditunjukkan pada busana tradisional yang didesain dan dibuat dari bahan bekas/daur ulang yang kemudian harus diperagakan di depan dewan juri dan para siswa.

Sementara itu bertempat di kelas masing masing sebagian siswa dari tiap kelas sibuk mengikuti lomba menata kue tradisional dengan bahan yang telah disiapkan oleh sekolah. Di laboratorium biologi, keterampilan yang didapat dari ekstrakurikuler cooking class dan pelajaran Teknologi Pengolahan merupakan bekal bagi perwakilan siswa yang mengikuti lomba memasak makanan tradisional, sesuai dengan undian yang diperoleh sebelumnya, diantaranya : ote-ote, lemet, pisang goreng.

Antusiasme dan keinginan untuk memberikan yang terbaik serta kemauan untuk belajar mengenai berbagai budaya yang ada di Indonesia terlihat dari berbagai persiapan mereka lakukan. Program Character Building (CB) kali ini menjadi suatu acara yang baru dan tergolong menarik, sebab para siswa ditantang untuk menghadirkan segala sesuatu yang berhubungan dengan kebudayaan Indonesia. Yang tak kalah menarik para siswa mengenakan baju batik sebagai wujud rasa cinta mereka kepada budaya Indonesia.

Veronica XII IPS-2

Bersama membuat norma dinding

nording-00.JPGnording-02.JPGnording-01.JPG

Salah satu tema yang diangkat dalam kegiatan Pendidikan Karakter kali ini adalah menghormati norma. Materi yang telah dipersiapkan oleh tim penyusun ini diberikan kepada para siswa pada hari Sabtu tanggal 17 September 2011 lalu. Setelah Persekutuan Doa selesai, para siswa di SMA Kristen Petra 4 beserta wali kelas masing-masing berupaya membuat dan menyepakati norma / aturan untuk diberlakukan di kelas mereka. Setelah terbentuk kesepakatan, mereka menuliskannya dalam “norma dinding” yang dipasang di ruang kelas masing-masing sebagai pengingat agar mereka selalu menaati aturan tersebut.

Read more: SMA Kristen Petra 4 - Bersama membuat norma dinding

Kepedulian terhadap lingkungan hidup

lingkungan-hidup-01.jpglingkungan-hidup-02.jpg

Kali ini, Pendidikan Karakter Kristiani mengajarkan materi tentang kepedulian terhadap lingkungan hidup. Diawali dengan pemaparan mengenai kerusakan yang ada di sekitar kita beserta dampak yang ditimbulkannya, para siswa diajak untuk merenungkan kembali bahwa alam dan lingkungan adalah anugerah tak terkira yang diberikan Allah untuk kelangsungan hidup manusia dan makhluk hidup lainnya. Oleh karena itu, seharusnya manusia menjaga kelestarian lingkungan alam, bukan merusak ataupun menyia-nyiakannya.

Setelah pengertian akan materi ini diberikan, para siswa diberi tugas dengan waktu yang telah ditentukan. Tugas ini dilakukan secara berkelompok, yaitu membuat majalah dinding kelas. Mereka pun mengisi majalah dindingnya baik dengan berbagai artikel, opini, karikatur, puisi, maupun hasil wawancara; dengan lingkungan hidup sebagai temanya. Antusiasme para siswa terlihat dari kreativitas mereka dalam menyajikan artikel-artikel dalam madingnya, seperti artikel mengenai bagaimana cara melakukan penghematan dalam penggunaan air dan listrik.

Pohon Kejujuran

pohon-kejujuran-3.jpgpohon-kejujuran-2.jpgpohon-kejujuran-1.jpg

Kali ini, tema Pendidikan Karakter Kristiani yang diangkat oleh PPPK Petra adalah kejujuran (honesty). Penyampaian materi dan contoh-contoh kejujuran yang dikemas dalam pleno mengantar siswa untuk melakukan evaluasi dan refleksi diri mengenai perbuatan jujur maupun perbuatan tidak jujur yang pernah dilakukannya.

Refleksi tersebut dituliskan pada kertas aneka warna yang berbentuk daun, buah, bunga dan lain-lain. Di dalam tulisannya, mereka menuangkan contoh-contoh nyata perbuatan mereka serta dampak yang ditimbulkannya. Kemudian, kertas refleksi tersebut dipasangkan pada ranting pohon buatan masing-masing kelas, sehingga setiap kelas di SMA Kristen Petra 4 memiliki “Pohon Kejujuran”. Melalui kegiatan ini, para siswa dapat saling berbagi pengalaman dan menjadi saluran berkat satu sama lain.

boost the values reap the success