e-Korean Class Opening Ceremony    

e-Korean Class Opening Ceremony

Peresmian e-Korean Class di SMA Kristen Petra 4. 회망은 꿈이 아니라 꿈을 실현하는 방법이다. Harapan bukanlah impian, tetapi jalan membuat impian menjadi nyata

e-Korean Class Opening Ceremony    

e-Korean Class Opening Ceremony

Manfaatkan dengan baik dan maksimal semua fasilitas dan sumber materi yang telah disediakan pada e-Korean Class.

e-Korean Class Opening Ceremony    

e-Korean Class Opening Ceremony

Teknologi membantu proses belajar mengajar e-Korean Class antara Universitas Kristen Petra, Dongseo University Korea dan SMA Kristen Petra 4

e-Korean Class Opening Ceremony    

e-Korean Class Opening Ceremony

Pada tanggal 12 Desember 2017, telah diresmikan dan dibuka e-Korean Class. Ayo bergabung di kelas bahasa Korea. Kami tunggu ya...

DBL Runner-up    

DBL Runner-up

DBL Runner-up for North Region

Tim Basket    

Tim Basket

Berbagai macam prestasi berhasil diraih oleh Tim Basket dari SMA Kristen Petra 4.

Laboratorium Biologi    

Laboratorium Biologi

Tersedianya fasilitas yang lengkap demi menunjang proses belajar mengajar yang baik serta memberikan kesempatan siswa untuk melakukan percobaan sendiri.

Berbagi Kasih    

Berbagi Kasih

Belajar berbagi dengan orang lain untuk meningkatkan rasa kepedulian terhadap sesama.

Pendidikan Karakter Kristiani    

Pendidikan Karakter Kristiani

Para siswa SMA Kristen Petra 4 dibekali dengan Pendidikan Karakter Kristiani yang diadakan setiap hari Sabtu, agar mereka semakin dekat dengan ajaran-ajaran Tuhan.

Pekan Budaya    

Pekan Budaya

Melalui busana yang dikenakan, para siswa-siswi SMA Kristen Petra 4 belajar untuk mengenal dan mencintai budaya Indonesia

Juara I Lomba Akuntansi    

Juara I Lomba Akuntansi

Prestasi membanggakan dari para siswa SMA Kristen Petra 4 dalam meraih peringkat pertama dalam lomba akuntansi yang diadakan oleh salah satu perguruan tinggi di Surabaya.

Laboratorium Komputer    

Laboratorium Komputer

Laboratorium dengan unit komputer terbaru, agar para siswa dapat belajar dengan maksimal

Gedung SMA Kristen Petra 4    

Gedung SMA Kristen Petra 4

Proses belajar mengajar dilaksanakan di tempat ini.

Gedung SMA Kristen Petra 4    

Gedung SMA Kristen Petra 4

Proses belajar mengajar dilaksanakan di tempat ini.

Kegiatan Konseling    

Kegiatan Konseling

Para siswa bersama-sama dengan konselor bisa berdiskusi dan memecahkan kesukaran yang mereka hadapi.

Frontpage Slideshow | Copyright © 2006-2012 JoomlaWorks Ltd.
| |

Art, Science, and Charity Event

PembukaanASCE atau Art, Science, and Charity Event adalah salah satu event yang selalu dilaksanakan oleh SMA Kristen Petra 4. Tahun ini ASCE SMA Kristen Petra 4 dilaksanakan pada hari Jumat, 13 September 2019 bersamaan dengan pelaksanaan P4BC 2019. Sesuai dengan namanya, tujuan diadakannya ASCE setiap tahunnya adalah untuk menggali bakat dan talenta siswa, mengadakan pameran seni dan science, serta melakukan bakti sosial. Dipanggung ASCE, kita dapat melihat talenta-talenta yang dimiliki siswa SMA Kristen Petra 4 seperti vocal group, puisi, dance, dan masih banyak lainnya. ASCE dibuka dengan menyanyikan Indonesia Raya dan Mars Petra, dilanjut dengan Tari Remo khas Jawa Timur, lagu pujian dan doa,  disambung dengan sambutan dari kepala sekolah SMA Kristen Petra 4 Ibu Elizabeth Oktaviana S.Pd, M.Si. Usai  sambutan telah disampaikan, penampilan dance, band, dan puisi dari SMP Kristen Petra 4 meramaikan panggung ASCE 2019.

Setelah itu, band Old Spark dari SMA mengambil perhatian penonton dengan alunan lagyuang dinyanyikan.Tak hanya itu, beberapa siswa menampilkan vocal group, akustik gitar, dan band-band lain yang menghibur kita sepanjang hari. SMA Kristen Petra 4 juga menampilkan beberapa tampilan dance yaitu Thor Ok, Be Cruz, BTS, dan Trafourdc. SMP dan SMA Kristen Petra 4 juga menampilakan fashion show bertemakan casual yang dapat menjadi referensi gaya berpakaian kita loh! Mengasyikan bukan? apalagi sambil menyaksikan penampilan-penampilan yang sedang berlangsung, para penonton dapat membeli snack dan minuman yang dijual oleh stand bazaar tiap kelas dari SMP dan SMA Kristen Petra 4 di area sekitar panggung. Tak hanya itu, penonton juga dapat mengunjungi pameran-pameran kimia, fisika, biologi, dan seni yang menyediakan berbagai macam percobaan yang bisa dicoba oleh seluruh siswa, contohnya tes golongan darah milik stand biologi dan non-newtonian fluida milik stand fisika. Tidak hanya dari SMA, penampilan-penampilan menarik dan keren lainnya juga datang dari SMP Kristen Petra 4 salah satunya Ansamble lagu Anoman Obong. Penampilan terakhir adalah dance dari Trafourdc yang memberi sentuhan atraksi-atraksi yang cukup ekstrim di akhir penampilannya dan Band Clavinova dari SMP Kristen Petra 4 . Kemudian ASCE ditutup dengan doa penutup dan diakhiri dengan Flashmob  oleh seluruh penampil dance. Tidak bisa dibayangkan lagi betapa serunya ASCE kemarin! Jangan sedih dulu, karena ASCE akan dilaksanakan lagi tahun depan, sampai jumpa pada ASCE selanjutnya!

 
Tari-Remo.jpgPembukaan.jpgIMG_8939.jpgDance-1.jpgDance.jpg

Ditulis oleh Vanessa Geona

 

Merdeka ... Ayo Berkarya!!

merdeka_03.jpgmerdeka_05.jpgmerdeka_02.jpgmerdeka_06.jpgmerdeka_04.jpgmerdeka_01.jpg

Halo semuanya! Wah.. tidak terasa ya sudah bulan Agustus saja hehe.. bagi orang Indonesia, bulan Agustus adalah bulan yang sangat menyenangkan, karena pada tanggal 17 Agustus Indonesia merayakan hari ulang tahun kemerdekaannya. Begitu banyak cara yang dilakukan masyarakat untuk ikut merayakan hari bahagia Indonesia, salah satunya adalah mengadakan lomba-lomba khas 17an seperti makan kerupuk, balap karung, estafet kelereng, dan sebagainya.

Begitu juga yang dilakukan oleh SMA Kristen Petra 4 untuk merayakan hari kemerdekaan Indonesia yang ke-74. Perayaan dan lomba dilaksanakan pada hari Jumat, 16 Agustus 2019 dan upacara bendera dilaksanakan pada hari Sabtu, 17 Agustus 2019 di SD Kristen Petra 12. Jumat pagi diawali dengan jalan sehat disekitar wilayah sekolah, kemudian disusul dengan lomba-lomba yang sangat menyenangkan. Lomba yang pertama adalah rally games yang diikuti oleh 5 siswa dari setiap kelas. Terdapat 7 pos yang harus dikunjungi oleh peserta rally games antara lain estafet kelereng, sentil aku dong, mengangkat telur dengan benang, dan game-game unik lainnya. Selain itu, terdapat lomba yang dapat diikuti oleh siswa siswi yang hobi memasak, lho.. yaitu lomba memasak dan menghias nasi goreng dengan tema HUT RI. Tidak hanya itu, kami juga mengadakan lomba bakiak dan balap karung estafet khas lomba kemerdekaan. Nah.. ada juga lomba yang diikuti oleh siswa siswi yang berbakat di bidang musik guys..yaitu lomba vocal group akustik yang diikuti oleh 7 siswa dari setiap kelas, dan tidak jarang mereka menampilkan nyanyiannya dengan artibut atau kostum yang unik. Hari jumat diakhiri dengan lomba tarik tambang di lapangan SMA Kristen Petra 4 yang diikuti oleh 5 siswa dan 5 siswi, lomba berlangsung dengan sangat seru dan dipenuhi sorak semangat dari supporter tiap kelas. Sabtu,17 Agustus 2019 dilaksanakan upacara bendera di SD Kristen Petra 12 yang diikuti oleh siswa-siswi SD Kristen Petra 12, SMP Kristen Petra 4,dan SMA Kristen Petra 4. Saat itu kami menggunakan formasi dari barisan SMP Kristen Petra 4 dengan membentuk angka 74. Sedangkan pasukan dari SMA Kristen Petra 4 bertugas mengiring dan mengibar bendera. Demikianlah rangkaian acara yang dilakukan SMA Kristen Petra 4 dalam memperingati hari Kemerdekaan Indonesia. Mari kita lanjutkan perjuangan para pahlawan dengan belajar dan berprestasi untuk mengharumkan nama Indonesia. Merdeka!

Ditulis oleh Vanessa Geona

 

MPLS Trapat Uye...... Semangatku..... Yees!!

Pembukaan-MPLS

Liburan panjang akhirnya usai, hari pertama masuk sekolah adalah hari yang paling ditunggu oleh semua siswa. Moment ini adalah moment penting dimana para siswa akan mengenal teman-teman baru dan wali kelas baru mereka. Biasanya moment mendebarkan ini dirasakan oleh siswa yang baru menginjak jenjang yang baru di sekolah yang baru, seperti teman-teman kelas X di  SMA Kristen Petra 4.

PBB

Tentu sudah menjadi kewajiban siswa kelas X untuk mengikuti MPLS sebelum mengikuti kegiatan belajar di kelas. Pada hari Jumat,12 Juli 2019, siswa kelas X wajib masuk dan menerim penjelasan mengenai apa saja yang harus dilakukan dan dibawa untuk hari Senin, 15 Juli 2019 dimana merupakan hari pertama MPLS. Siswa wajib mengenakan seragam dengan atribut lengkap dan membawa bekal 4 sehat 5 sempurna selama 5 hari mengikuti MP LS. Hari Senin pun tiba, siswa kelas X disambut oleh kakak-kakak OSIS yang sudah siap mengecek perlengkapan yang dipakai oleh peserta MPLS di lapangan basket, mulai dari buku tugas, tanda pengenal, kelengkapan atribut seragam,dll. Setelah pengecekan usai, siswa melakukan upacara pembukaan MPLS dan dilakukan simbolis pembukaan mpls oleh kepala sekolah SMA kristen Petra 4. Selama 5 hari, tiap kelas didampingi oleh 5 kakak OSIS yang siap membantu para siswa kelas X dan memberi informasi mengenai kegiatan MPLS selanjutnya. Berbagai sesi dilakukan, seperti Jati Diri Bangsa, Wawasan Kebangsaan, Anti Radikalisme oleh Polri, dan Bela Negara oleh TNI. Tidak hanya itu, siswa kelas X juga diberi pengarahan mengenai tata krama, peraturan-peraturan yang berlaku di sekolah, dan pengenalan lingkungan sekolah ( Wawasan Wiyata Mandala). Siswa kelas X juga dilatih baris-berbaris oleh kakak-kakak dari kelas XI dan XII yang tergabung dalam Paskibraka serta mengikuti kegiatan pramuka pada hari Kamis. Selama 5 hari MPLS, setiap kelas harus melakukan persiapan gali talenta yang dilakukan pada hari terakhir, yaitu hari Jumat, 19 Juli 2019 sekaligus penutupan kegiatan MPLS.

WIYATA-MANDALA

Read more: SMA Kristen Petra 4 - MPLS Trapat Uye...... Semangatku..... Yees!!

Odyssey

IMG 6845

Hallo semuanya! Kali ini saya akan menceritakan pentas seni yang dilaksanakan oleh SMA Kristen Petra 4. Pasti kalian bertanya-tanya kan “apa sih odyssey itu? Odyssey adalah sebuah tema yang diambil SMA Kristen Petra 4 dalam menyelenggarakan pentas seni pada hari Rabu, 29 Mei 2019 lalu di auditorium SD Kristen Petra 12 Sidoarjo. Acara mulai dipersiapkan sebulan sebelum pelaksanaan sehingga ada waktu untuk berlatih. Latihan dilakukan dalam waktu yang singkat! Ditambah dengan adanya PAT (Penilaian Akhir Tahun) yang saat itu juga membuat siswa harus membagi fokusnya menjadi dua. Puji Than, walau hanya melakukan beberapa kali gladi kotor dan satu gladi bersih, pentas seni dapat berjalan dengan sangat baik dan hasilnya memuaskan!. Pentas seni ini bercerita tentang seorang remaja bernama Samus yang tidak mau membantu Ibunya mengerjakan pekerjaan rumah, malah menunda pekerjaannya dengan bermain game yang dibelinya secara online berjudul Odyssey.

IMG 6809

IMG 6746

IMG 6744

Ketika game sudah datang, Samus langsung memainkannya dan ternyata Samus masuk dalam game petualangan tersebut. Samus harus menyelesaikan misi di negara-negara yang dikunjungnya. Yang pertama adalah Thailand, disini Samus harus menemukan penari seribu tangan yang hilang agar acara tetap berjalan. Yes! Samus berhasil menemukan penari yang hilang itu! Kini dinegara kedua yaitu Korea, Ia bertemu seorang wanita yang bernama Minah dan mengatakan baha Ia berubah. Ternyata misinya adalah Conquer Minah’s Heart . Berhasil! Samus dapat lanjut ke negara selanjutnya yaitu Prancis. Wow! Kali ini Samus berubah menjadi seorang wanita! Misinya kali ini adalah membantu Fleur yang pada saat itu harus mengkuti sebuah fashion show namun bajunya rusak. Samus bersedia membantu Fleur dengan bantuan teman-temannya dan akhirnya baju Fleur dapat diperbaiki, fashion showpun dapat berjalan dengan sangat baik. Negara selanjutnya adalah Amerika, disini Ia bertugas mendamaikan kelompok vocal group dan band yang sedang berebut tempat untuk penggalangan dana. Samus dapat mengakhiri perdebatan mereka dengan menyuruh mereka untuk bernyanyi bersama dan saling bekerja sama. Berhasil di negara-negara sebelumnya, ternyata Samus mengalami kegagalan dan merasakan kerinduan pada Ibunya di negara ini, yaitu Mesir. Ia tidak berhasil mencegah Cleopatra untuk minum air beracun dan dituduh menjadi pembunuh Cleopatra hingga akhirnya dikejar-kejar oleh pengawal-pengawal Cleopatra yang membuat suasana menjadi sangat tegang. Kehilangan satu nyawa, ternyata masih ada nyawa cadangan yang membawanya ke India. Di India terdapat patung-patung yang seragam dan sedang berpose. Misi Samus adalah mencari perbedaan diantara patung-patung tersebut. Ternyata ada patung yang tidak memilik syal kemudian Samus memberikan syal yang telah diberikan oleh Fleur kepada patung itu. Ketika syal terpasang, munculah suara dari salah satu patung itu dan patung-patung itu mulai menyanyi dan menari. Perhentian terakhir Samus adalah Afrika. Samus merayakan keberhasilannya menyelesaikan misi-misi dalam game ini dengan baik. Setelah piala diterima Samus, tiba-tiba Ia ditarik kembali ke dunia nyata dan Ia terkejut telah berada di kamarnya. Ketika Ibunya meminta tolong untuk mengerjakan pekerjaan rumah, bukan kata “sebentar!” melainkan “Siap, Ma!”. Dari cerita ini, kami ingin membuka pikiran penonton bahwa game memiliki hal positif yaitu menambah wawasan pemainnya, namun bila kita memainkan game tersebut tanpa memdulikan orang-orang disekitarkita dan mengabaikan tanggung jawab itu adalah sebuah kesalahan. Wooow seruuuuu, sampai bertemu di Pensi berikutnya, Tuhan besertamu.

IMG 6285 IMG 6324

Vanessa Geona (X IPA1)

 

Now You See Me

IMG 5014

Hai, semuanya! Wah, tidak terasa, ya… kita sudah melewati bulan April, yang berarti kita telah merayakan Paskah, yang pada tahun ini mengangkat tema “Now You See Me”. Biasanya Paskah dirayakan dengan ibadah ke gereja dan pelaksanaan lomba-lomba. Pada hari Kamis, tanggal 25 April 2019, SMA Kristen Petra 4 melaksanakan berbagai kegiatan Paskah.

Salah satu kegiatan tersebut yaitu ibadah Paskah yang dilaksanakan di GKI Sidoarjo. Tidak hanya itu, kami juga mengadakan lomba-lomba Paskah yang menyenangkan! Lomba-lomba itu diikuti oleh siswa-siswi SMA Kristen Petra 4 kelas X dan XI. Lomba-lomba tersebut yaitu lomba menghias telur, lomba membuat scrapbook bertemakan Paskah, Easter creative music, dan lomba yang paling seru, yaitu rally games. Dalam rally games, terdapat empat pos yang harus dilewati oleh seluruh peserta. Tetapi sebelumnya, mereka harus membuat yel-yel semeriah mungkin untuk menambah poin.

Pos pertama bernama Pindahin Aku Dong. Peserta harus memindahkan piring yang berisi kelereng menggunakan kaki mereka secara estafet. Kemudian pos yang kedua bernama Geret Aku Dong. Satu tim dibagi menjadi tiga pasangan. Setiap pasangan wajib menggeret karung dengan telapak kaki mereka; salah satu kaki peserta diikat satu dengan yang lain. Sedangkan pos ketiga adalah Cari Aku Dong. Peserta harus mencari kata yang terdapat di dalam Alkitab berdasarkan clue yang diberikan. Pada pos keempat atau pos yang berjudul Karetin Aku Dong, peserta harus menyalurkan karet menggunakan sedotan yang berada di mulut mereka. Namun tantangan tidak hanya sampai di situ, mereka juga harus menyalurkan balon yang diapit di kedua lengan mereka dan di antara kaki mereka.

Wah, sungguh hari yang melelahkan ya, teman-teman...! Puji Tuhan, acara ini berlangsung dengan lancar dan penuh sukacita. Walaupun menjadi hari yang melelahkan, semua siswa tetap mengikuti lomba-lomba tersebut dengan gembira. Walaupun lomba ini berlangsung pada siang hari, tetap tidak melunturkan semangat mereka dalam mengikuti kegiatan ini. Setelah lelah bermain rally games, para siswa Petra 4 pun menikmati acara musik yang tidak lain adalah Easter creative music. Setelah semua kegiatan selesai, siswa dipersilakan kembali ke kelas untuk mendengarkan pengumuman pemenang lomba sambil menikmati konsumsi yang diberikan bersama goodie bag. Demikianlah acara Paskah yang berlangsung di SMA Kristen Petra 4. Sampai bertemu pada acara selanjutnya, ya…!

oleh: Vanessa Geona & Nathania Ellen

 

boost the values reap the success