e-Korean Class Opening Ceremony    

e-Korean Class Opening Ceremony

Peresmian e-Korean Class di SMA Kristen Petra 4. 회망은 꿈이 아니라 꿈을 실현하는 방법이다. Harapan bukanlah impian, tetapi jalan membuat impian menjadi nyata

e-Korean Class Opening Ceremony    

e-Korean Class Opening Ceremony

Manfaatkan dengan baik dan maksimal semua fasilitas dan sumber materi yang telah disediakan pada e-Korean Class.

e-Korean Class Opening Ceremony    

e-Korean Class Opening Ceremony

Teknologi membantu proses belajar mengajar e-Korean Class antara Universitas Kristen Petra, Dongseo University Korea dan SMA Kristen Petra 4

e-Korean Class Opening Ceremony    

e-Korean Class Opening Ceremony

Pada tanggal 12 Desember 2017, telah diresmikan dan dibuka e-Korean Class. Ayo bergabung di kelas bahasa Korea. Kami tunggu ya...

DBL Runner-up    

DBL Runner-up

DBL Runner-up for North Region

Tim Basket    

Tim Basket

Berbagai macam prestasi berhasil diraih oleh Tim Basket dari SMA Kristen Petra 4.

Laboratorium Biologi    

Laboratorium Biologi

Tersedianya fasilitas yang lengkap demi menunjang proses belajar mengajar yang baik serta memberikan kesempatan siswa untuk melakukan percobaan sendiri.

Berbagi Kasih    

Berbagi Kasih

Belajar berbagi dengan orang lain untuk meningkatkan rasa kepedulian terhadap sesama.

Pendidikan Karakter Kristiani    

Pendidikan Karakter Kristiani

Para siswa SMA Kristen Petra 4 dibekali dengan Pendidikan Karakter Kristiani yang diadakan setiap hari Sabtu, agar mereka semakin dekat dengan ajaran-ajaran Tuhan.

Pekan Budaya    

Pekan Budaya

Melalui busana yang dikenakan, para siswa-siswi SMA Kristen Petra 4 belajar untuk mengenal dan mencintai budaya Indonesia

Juara I Lomba Akuntansi    

Juara I Lomba Akuntansi

Prestasi membanggakan dari para siswa SMA Kristen Petra 4 dalam meraih peringkat pertama dalam lomba akuntansi yang diadakan oleh salah satu perguruan tinggi di Surabaya.

Laboratorium Komputer    

Laboratorium Komputer

Laboratorium dengan unit komputer terbaru, agar para siswa dapat belajar dengan maksimal

Gedung SMA Kristen Petra 4    

Gedung SMA Kristen Petra 4

Proses belajar mengajar dilaksanakan di tempat ini.

Gedung SMA Kristen Petra 4    

Gedung SMA Kristen Petra 4

Proses belajar mengajar dilaksanakan di tempat ini.

Kegiatan Konseling    

Kegiatan Konseling

Para siswa bersama-sama dengan konselor bisa berdiskusi dan memecahkan kesukaran yang mereka hadapi.

Frontpage Slideshow | Copyright © 2006-2012 JoomlaWorks Ltd.
| |

FTRG VS FINA …….Semua Menjadi Pemenang

Februari merupakan bulan yang menggembirakan bagi warga SMA Petra 4, karena dari lomba yang diikuti ada 2 jenis lomba yang mendapatkan juara….mau tahu? Yook kita simak penuturan dari tim tersebut…….

Lomba_Fina.jpgIMG_1497.jpgHasil_karya.jpgFTRG.jpgFINA.jpgIMG_1498.jpgIMG_1496.jpgIMG_1499.jpg

Cerita dari tim FTRG ( Yeni, Zarya)

Untuk ketiga kalinya, SMA Kristen Petra 4 berhasil menjadi juara dalam lomba Food Technology Rally Games atau yang lebih dikenal dengan nama FTRG. FTRG 2020 dilaksanakan oleh Universitas Katolik Widya Mandala, Surabaya pada tanggal Sabtu, 8 Februari 2020 yang mengambil tema The Processing and Technology of Coffee and Chocolate dan diikuti oleh kurang lebih 65 tim dari berbagai sekolah. Lomba ini dibagi dalam 3 babak yaitu babak 1 menjawab soal mengenai mata pelajaran Mat, Fisika, Kimia, dan Biologi sedangkan babak 2 adalah rally games dan babak terakhir adalah pengetahuan mengenai tema FTRG tahun ini yang disesuaikan dengan silabus yang telah diberi sebelumnya.

Lomba trsebut terdiri dari tiga babak, yaitu babak I mengerjakan soal dan babak II rally game, babak III tentang ketepatan menjawab soal mengenai kopi dan coklat. Setiap tim diberi modal 200 poin dan harus mempertaruhkan poinnya ( kelipatan 10 ) untuk dapat menjawab soal yang diberikan. Tim kami berhasil mengumpulkan poin sebanyak 2.500.000 pada babak terakhir. Persaingan tentu saja berlangsung dengan sangat ketat, dan setelah mengakumulasikan poin babak 3 dengan babak 1 dan 2 kami berhasil meraih juara 2 dalam lomba FTRG, semua ini hanya karena berkat dan kesempatan yang diberikan oleh Tuhan.

Nach ini penuturan dari tim lomba FINA (Leon, Vinko, Henz)

Lomba FINA (Food Innovation and Nutrition Awards)  yang diadakan oleh Universitas Surabaya. Dari awal babak penyisihan kami berjuang semaksimal mungkin, Leon bagian memasak, Henz dan Jovinko yang bagian ilmu pengetahuan seputar teknobiologi pangan. Pada saat babak penyisihan, kami mempunyai target untuk menyelesaikan semua pos rally game. Alhasil kami sebagai tim Histidin berhasil lolos ke babak penyisihan dengan urutan ke-9 dari seluruh tim. Kami terus berusaha untuk menyiapkan inovasi bahan pangan dari bahan bentul Colocasia esculenta (L.) dengan tema Zero Hunger. Pada saat hari kedua lomba FINA, kami menampilkan inovasi dengan bahan utama bentul, yaitu Bumpy Ball Bentoel. Kami memilih bentul di antara sagu dan kluwih dikarenakan menurut kami bentul merupakan bahan pokok yang paling mengenyangkan karena banyak mengandung karbohidrat dibandingkan dengan dua yang lainnya. Jadi Bumpy Ball Bentoel itu adalah roti yang dibuat dengan adonan seperti adonan donat yang di buat dengan bahan baku bentul, tepung, dan telur. Kami mengangkat makanan ini menjadi inovasi makanan kita karena kami ingin dengan Bumpy Ball Bentoel ini bisa mengenyangkan perut dengan topping yang variatif dan yang pasti disukai oleh semua kalangan masyarakat. Berkat Tuhan, inovasi kami menjadi juara 3 diantara 12 kelompok, akhirnya 6 kelompok melanjutkan ke babak final, namun sebelum masuk ke

babak final kami semua mendapat kesempatan yang berharga karena kami mendapatkan momen live cooking with professional chef, Robert Hansen. Nah the real challenge is here, kita harus membuat suatu masakan dengan bahan utama sorgum. Jujur, dari kelompok kita  tidak ada satupun yang tahu apa itu sorgum, dengan hasil pertimbangan kelompok dan dengan bertanya kepada Chef Robert Hansen, kami membuat Fried sorghum with grilled chicken. Kenapa itu? Karena kami ingin menjual nilai sorgum ke bentuk makanan yang paling familiar dan disukai masyarakat Indonesia, yaitu nasi goreng. Inovasi kami dipuji oleh Chef Robert Hansen, “Cerdas”, kata yang terlontar darinya, membuat kelompok kami sangat senang sekali. Puji Tuhan, bimbingan guru Teknologi Pengolahan kami Ibu Anastasia dan kekompakan kerja kelompok, kami bisa menjadi juara II. Thanks God...

Yeni (XII A1) – Leon (X A1)

 

I’Luvs Dream Comes True

Mewakili SMA Kristen Petra 4, I’Luvs sebagai tim dance sekolah kami menyabet gelar juara dalam talent competition yang diselenggarakan oleh Lokalate, yang merupakan brand dari produk kopi di Indonesia.  Kompetisi ini diadakan pada hari Minggu, tanggal 12 Januari 2020, bertempat di Pakuwon Mall Surabaya. Acara ini dilaksanakan dengan maksud untuk mengembangkan talenta dari kalangan anak-anak muda yang patut diapresiasi.

1578845504236

SMA Kristen Petra 4 termasuk yang mendapatkan undangan untuk turut tampil dalam ajang berskala provinsi tersebut. Tim kami memutuskan ikut dan menampilkan dance. Dari lima puluh peserta yang tampil, puji Tuhan… tim dance I’Luvs meraih Juara III. I’Luvs ini sendiri beranggotakan lima orang, yang terdiri atas Josephine M.V. (X IPA-1), Josephine C.G. (X IPA-2), Ammabella F.R., Emily E., dan Sheryn T.R. (XI IPS-2), yang merupakan gabungan dancer sekolah kami.

1578845509774

Sejauh ini, tim I’luvs sudah memenangkan beberapa kompetisi, seperti: Youthcon Dance Cover Competition (Juara II) dan King Sejong Institute K-Pop Star Competition (Juara II). Sebuah kebanggaan bagi kami mampu mengharumkan nama sekolah dengan memenangkan beberapa kompetisi. Dan untuk ke depannya, kami berharap bisa mengharumkan nama sekolah lagi dengan memenangkan kompetisi-kompetisi dance selanjutnya. Tuhan memberkati kita semua.

oleh: Josephine & Vita T.S.

 

Lomba EBCC

20191210 091900Pada dasarnya bisnis makanan tidak akan pernah mati, mengingat makanan adalah kebutuhan pokok bagi setiap orang. Selain itu, berbagai macam keunikan makanan, minuman dan jajanan yang dimiliki oleh berbagai daerah di Indonesia menjadi konsep awal kami dalam membuat sebuah restoran yang berjudul Mangan Roda. Lomba EBCC ini dilaksanakan oleh Universitas Katolik Widya Mandala Surabaya jurusan kewirusahaan yang dilaksanakan pada 2 November 2019 (preliminary  round) dan 6 Desember 2019 (final round).

Babak eliminasi diikuti oleh 15 tim dari berbagai sekolah dan akan dipilih 8 tim untuk berlanjut ke babak final. Peserta tak hanya berlomba dalam rally games tetapi juga harus berpikir cepat dan tepat dalam decision making, serta membuat business model canvas yang nantinya akan dipresentasikan saat babak final. Tak hanya bermain peserta pun diharuskan menjawab soal-soal yang berhubungan dengan kewirausahaan, ekonomi, serta akuntasi. Tim kami yang terdiri dari Jonathan Kristanto, Matius Ansell, Sie Immanuel, dan Yeni Oktavia seluruhnya berasal dari jurusan IPA namun hal tersebut tidak menyurutkan semangat kami untuk berjuang dengan sepenuh tenaga dalam ombaa tersebut.

Akhirnya kami berhasil menuju ke babak final dengan berada pada urutan ke 4 dari 8 tim yang ada dan peserta diharuskan membuat prototype ide bisnis, bagan desain BMC dan PPT mengenai BMC yang dibuat. Lomba ini pun tak hanya diikuti pada jenjang SMA saja tetapi juga pada jenjang universitas. Meski persaingan berlangsung dengan sangat ketat, tim kami dari SMA Kristen Petra 4 berhasil meraih juara 2 dalam lomba EBCC, semua ini karena kesempatan yang Tuhan berikan.

1575630687060

Yeni Octavia – XII IPA1

 

Perjalanan DBL SMATRAPAT 2019

dbl_03.jpgdbl_04.jpgdbl_02.jpgdbl_01.jpg

Tak terasa kita telah memasuki musim Honda DBL 2019. Berbagai sekolah berlomba untuk mendapatkan gelar champion tahun ini. Begitu juga dengan tim putri SMA Petra 4. Mengawalinya sebagai juara group G, banyak hal yang dilalui tim ini dari suka sampai duka. Diawali dengan hasil yang manis saat bertemu dengan SMA Negeri 1 Pacet, kami berusaha memperbaiki permainan kami yang dirasa kurang. Mulai dari offense hingga defense kami persiapkan dengan baik untuk pertandingan selanjutnya. 4 September 2019, pertandingan kedua melawan SMA Negeri 8 Surabaya dimulai. Di kuarter pertama kami kalah 3-2, tak ingin ketinggalan jauh kami berusaha memperbaiki permainan. Kami berhasil membalikkan keadaan menjadi 5-12. Saat half time, Coach kami, Andre Kurniawan memberikan berbagai masukan dan kami berhasil membuat musuh scoreless di kuarter 3. Tak ingin menyia-nyiakan kesempatan kami memperjauh skor menjadi 5-22. Diakhir pertandingan kami dapat menang dengan skor meyakinkan 10-29. Kami terus memperbaiki cara bermain kami dan membangun chemistry serta team work. Di pertandinga terakhir kami dalam group G, kami dipertemukan dengan SMA Negeri 9 Surabaya. Awalnya tim kami down karena mengetahui banyaknya supporter sekolah tersebut. Masukan dari Assistant Coach kami, Kenny Hoediono membuat kami percaya diri dan bersemangat walau di awal kuarter pertama kami kalah 3-4. Kami  membalikkan keadaan di kuarter 2 melalui buzzer beater yang menjadikan skor kami 7-6. Pertandingan hari itu dapat kami menangkan walau hanya terpaut 3 poin yaitu 20-17. Tim putri berhasil melangkah ke babak playoffs Honda DBL 2019.

Di babak playoffs kami harus berhadapan dengan SMA Negeri 1 Waru. Dari 3 pertandingan yang sudah kami lalui, kami memperbaiki cara bermain kami serta mengantisipasi serangan dari SMA Negeri 1 Waru. Kami berhasil memimpin selama kuarter 1 hingga akhir kuarter 3. Mulai lelah, tim lawan berhasil memanfaatkannya untuk menyamakan kedudukan menjadi 28-28 di 4 menit terakhir. Kami pun berusaha agar serangan lawan dapat dibendung. Sayangnya tim kali belum beruntung pertandingan ditutup dengan kemenangan untuk SMA Negeri 1 Waru. Walau gagal, kami tetap bersyukur karena sudah melakukan yang terbaik.Pertandingan awal tim basket putra dilakasanakan pada 29 Agustus 2019. Pertandingan melawan SMAN 1 Sooko Mojokerto berlangsung sangat sengit karena kedua tim saling kejar-mengejar skor. Sempat seri di menit-menit terakhir, tak lama kemudian SMAN 1 Sooko mengakhiri pertandingan dengan mencetak poin yang membawa kemenangan bagi mereka. Kegagalan di pertandingan tersebut tidak menyurutkan semangat mereka untuk bermain di pertandingan selanjutnya. Pada hari Senin, 2 September 2019, tim basket putra SMA Petra 4 melaksanakan pertandingan melawan SMA ITP Surabaya. Pertandingan kali ini juga berlangsung sangat sengit karena perbedaan skor yang sangat tipis. Tim lawan, SMA ITP Surabaya berhasil menyamakan kedudukan mereka hingga akhirnya selisih poin menjadi tipis. Walaupun dalam pertandingan kedua ini gagal, supporter SMA Petra 4 tetap bangga mendukung tim kesayangan mereka. Tak ingin mengecewakan supporter, pada pertandingan ketiga mereka berusaha yang terbaik serta berusaha agar tidak terdegradasi dari babak utama. Mereka sengaja mengerahkan kekuatan, mengumpulkan niat untuk berlatih lebih keras agar menang pada pertandingan ketiga. Di kuarter pertama, poin pertama berhasil dicetak oleh Jonathan C.W serta threepoint dari Louis Pracia. Kuarter kedua, Marcel dan Louis Pracia mencetak poin yang berhasil membuat unggul. Lagi-lagi poin yang dicetak Louis Pracia, Hanson, Jojo dan Rio semakin membuat mereka percaya diri untuk dapat menang. Pada 11 detik terakhir, Kayne Hanson menambah poin Petra 4 sehingga SMA Petra 4 berhasil memenangkan pertandingan dengan skor 29-23.

 

ASCE atau Art, Science, and Charity Event adalah salah satu event yang selalu dilaksanakan oleh SMA Kristen Petra 4. Tahun ini ASCE SMA Kristen Petra 4 dilaksanakan pada hari Jumat, 13 September 2019 bersamaan dengan pelaksanaan P4BC 2019. Sesuai dengan namanya, tujuan diadakannya ASCE setiap tahunnya adalah untuk menggali bakat dan talenta siswa, mengadakan pameran seni dan science, serta melakukan bakti sosial. Dipanggung ASCE, kita dapat melihat talenta-talenta yang dimiliki siswa SMA Kristen Petra 4 seperti vocal group, puisi, dance, dan masih banyak lainnya. ASCE dibuka dengan menyanyikan Indonesia Raya dan Mars Petra, dilanjut dengan Tari Remo khas Jawa Timur, lagu pujian dan doa,  disambung dengan sambutan dari kepala sekolah SMA Kristen Petra 4 Ibu Elizabeth Oktaviana S.Pd, M.Si. Usai  sambutan telah disampaikan, penampilan dance, band, dan puisi dari SMP Kristen Petra 4 meramaikan panggung ASCE 2019.

Setelah itu, band Old Spark dari SMA mengambil perhatian penonton dengan alunan lagyuang dinyanyikan.Tak hanya itu, beberapa siswa menampilkan vocal group, akustik gitar, dan band-band lain yang menghibur kita sepanjang hari. SMA Kristen Petra 4 juga menampilkan beberapa tampilan dance yaitu Thor Ok, Be Cruz, BTS, dan Trafourdc. SMP dan SMA Kristen Petra 4 juga menampilakan fashion show bertemakan casual yang dapat menjadi referensi gaya berpakaian kita loh! Mengasyikan bukan? apalagi sambil menyaksikan penampilan-penampilan yang sedang berlangsung, para penonton dapat membeli snack dan minuman yang dijual oleh stand bazaar tiap kelas dari SMP dan SMA Kristen Petra 4 di area sekitar panggung. Tak hanya itu, penonton juga dapat mengunjungi pameran-pameran kimia, fisika, biologi, dan seni yang menyediakan berbagai macam percobaan yang bisa dicoba oleh seluruh siswa, contohnya tes golongan darah milik stand biologi dan non-newtonian fluida milik stand fisika. Tidak hanya dari SMA, penampilan-penampilan menarik dan keren lainnya juga datang dari SMP Kristen Petra 4 salah satunya Ansamble lagu Anoman Obong. Penampilan terakhir adalah dance dari Trafourdc yang memberi sentuhan atraksi-atraksi yang cukup ekstrim di akhir penampilannya dan Band Clavinova dari SMP Kristen Petra 4 . Kemudian ASCE ditutup dengan doa penutup dan diakhiri dengan Flashmob  oleh seluruh penampil dance. Tidak bisa dibayangkan lagi betapa serunya ASCE kemarin! Jangan sedih dulu, karena ASCE akan dilaksanakan lagi tahun depan, sampai jumpa pada ASCE selanjutnya!

Ditulis oleh Vanessa Geona

 

Dari Petra untuk Bangsa

IMG-20190825-WA0048-2

Halo semuanya! Kami dari Purna Paskibraka Indonesia ingin membagikan pengalaman kami selama menjadi calon Paskibraka. Sebelumnya, perkenalkan saya Kayne Hanson Purna Paskibraka Indonesia (PPI) angkatan 2018 dan teman-teman saya Dita Devina, Dominique Jennifer, Dimas Frananta dari PPI angkatan 2019.

Pada bulan Februari 2019, sekolah kami mengirimkan siswa-siswinya sebanyak 9 orang untuk mengikuti seleksi menjadi bagian dari PASKIBRAKA Kabupaten Sidoarjo 2019. Seleksi diadakan deengan tiga tahap. Setiap tahap dilakukan selama satu hari. Tahap pertama yaitu PBB, tinggi badan dan berat badan. Tahap kedua yaitu fisik yang meliputi sit up, back up, push up, dan lari. Tahap ketiga yaitu tes wawasan kebangsaan, bahasa inggris, penampilan bakat dan diakhiri dengan PBB. Pada akhirnya, dari kesembilan orang perwakilan sekolah kami, yang diterima hanya 3 orang, 1 diantara 2 orang ( Dimas Frananta) tersebut dikirim untuk mengikuti seleksi di tingkat Provinsi mewakili Kabupaten Sidoarjo dan akhirnya lolos.
IMG-20190817-WA0033 IMG-20190817-WA0022

Read more: SMA Kristen Petra 4 - Dari Petra untuk Bangsa

boost the values reap the success