e-Korean Class Opening Ceremony    

e-Korean Class Opening Ceremony

Peresmian e-Korean Class di SMA Kristen Petra 4. 회망은 꿈이 아니라 꿈을 실현하는 방법이다. Harapan bukanlah impian, tetapi jalan membuat impian menjadi nyata

e-Korean Class Opening Ceremony    

e-Korean Class Opening Ceremony

Manfaatkan dengan baik dan maksimal semua fasilitas dan sumber materi yang telah disediakan pada e-Korean Class.

e-Korean Class Opening Ceremony    

e-Korean Class Opening Ceremony

Teknologi membantu proses belajar mengajar e-Korean Class antara Universitas Kristen Petra, Dongseo University Korea dan SMA Kristen Petra 4

e-Korean Class Opening Ceremony    

e-Korean Class Opening Ceremony

Pada tanggal 12 Desember 2017, telah diresmikan dan dibuka e-Korean Class. Ayo bergabung di kelas bahasa Korea. Kami tunggu ya...

DBL Runner-up    

DBL Runner-up

DBL Runner-up for North Region

Tim Basket    

Tim Basket

Berbagai macam prestasi berhasil diraih oleh Tim Basket dari SMA Kristen Petra 4.

Laboratorium Biologi    

Laboratorium Biologi

Tersedianya fasilitas yang lengkap demi menunjang proses belajar mengajar yang baik serta memberikan kesempatan siswa untuk melakukan percobaan sendiri.

Berbagi Kasih    

Berbagi Kasih

Belajar berbagi dengan orang lain untuk meningkatkan rasa kepedulian terhadap sesama.

Pendidikan Karakter Kristiani    

Pendidikan Karakter Kristiani

Para siswa SMA Kristen Petra 4 dibekali dengan Pendidikan Karakter Kristiani yang diadakan setiap hari Sabtu, agar mereka semakin dekat dengan ajaran-ajaran Tuhan.

Pekan Budaya    

Pekan Budaya

Melalui busana yang dikenakan, para siswa-siswi SMA Kristen Petra 4 belajar untuk mengenal dan mencintai budaya Indonesia

Juara I Lomba Akuntansi    

Juara I Lomba Akuntansi

Prestasi membanggakan dari para siswa SMA Kristen Petra 4 dalam meraih peringkat pertama dalam lomba akuntansi yang diadakan oleh salah satu perguruan tinggi di Surabaya.

Laboratorium Komputer    

Laboratorium Komputer

Laboratorium dengan unit komputer terbaru, agar para siswa dapat belajar dengan maksimal

Gedung SMA Kristen Petra 4    

Gedung SMA Kristen Petra 4

Proses belajar mengajar dilaksanakan di tempat ini.

Gedung SMA Kristen Petra 4    

Gedung SMA Kristen Petra 4

Proses belajar mengajar dilaksanakan di tempat ini.

Kegiatan Konseling    

Kegiatan Konseling

Para siswa bersama-sama dengan konselor bisa berdiskusi dan memecahkan kesukaran yang mereka hadapi.

Frontpage Slideshow | Copyright © 2006-2012 JoomlaWorks Ltd.
| |

 

Juara Psycology Spectaculer

Babak demi babak kami lalui yang pada akhirnya membawa kami menjadi juara dalam Olympiade Psikologi yang diadakan oleh UNESA. Perjuangan dimulai dari babak penyisihan tanggal 19 Februari 2017, dengan semangat kami mengerjakan soal demi soal secara online dari pukul 10.00 – 12.00, dengan materi Psikologi dasar dan juga pengetahuan dasar, jerih lelah kami tidak sia-sia ketika diumumkan pada 22 Februari tim kami masuk ke babak semifinal. Tanggal 4 Maret 2017 merupakan pelaksanaan semi final, yang dilaksanakan di kampus UNESA, masih dengan system mengerjakan soal-soal Psikologi, pada akhirnya lolos masuk ke babak Final. Babak final dibagi menjadi empat babak, mulai dari penyisihan, perempat final, semifinal, sampai final yang semuanya dilakukan dalam format Asian Parliamentary Debate. Puji Tuhan akhirnya tim SMA Kristen Petra 4 berhasil meraih juara II setelah mengalahkan ratusan tim dari berbagai sekolah. Semoga kemenangan kami akan diikui tim SMA Kristen Petra 4 dalam lomba lain yang akan datang.

 

Juara Psycology Spectaculer.jpg

Juara Bulutangkis & 3on3

 Mens sana in corpore sano, sebuah kalimat dalam bahasa Latin yang artinya adalah " Di dalam tubuh yang sehat terdapat jiwa yang sehat", maksudnya jika tubuh seseorang sehat, maka jiwanya akan sehat juga. Begitu pula sebaliknya, hal tersebut nampaknya dihayati oleh siswa SMA Kristen Petra 4. Terbukti ada beberapa cabang lomba yang dijuarai oleh mereka yang menyalurkan hoby berolahraga sekaligus berprestasi. Ian Fernando XI IPS1 salah satu diantaranya, siswa ini mencintai olahraga bulutangkis sejak kecil dan masih aktif latihan di klubnya, usaha yang dilakukan sepanjang usianya tidak sia-sia, Ian berhasil meraih sukses di kejuaraan SSG Kabupaten Sidoarjo sebagai runner up.

Tidak kalah dengan cabang bulutangkis, demikian pula dengan tim basket putra yang mengikuti pertandingan 3 on 3 yang terdiri dari Abednego, Guidani, Kevin F dan Adrian P dari kelas XI berhasil meraih juara ke III dalam pertandingan yang diselenggarakan pada tanggal 3 – 5 Februari 2017 oleh Universitas Ciputra Surabaya. Semoga slogan Mens sana in corpore sano akan menjadi ritme pola hidup bagi semua siswa di SMA Kristen Petra 4, selain mendapatkan tubuh dan jiwa yang sehat, juga berprestasi…..selamat dan terus berprestasi !!!

 

3 on 3.JPGBulutangkis.JPG


The First Champion of English Newscaster

Pada tanggal 14 April 2016, saya Hans Christian Harjanto dari kelas XI IPA 2 SMA Kristen Petra 4 Sidoarjo mengikuti lomba English Newscaster yang diadakan oleh Akademi Sekretaris Widya Mandala Surabaya dengan tema, “Unleashed the Power of Your Talent”. Lomba ini diadakan dalam rangka Secretarial Week yang diperingati setiap bulan April di seluruh dunia. Awalnya saya mengetahui diadakannya lomba ini melalui pengumuman di sekolah. Saya menjadi satu-satunya peserta yang mewakili SMA Kristen Petra 4. Lomba ini dinilai oleh tim juri yang berasal dari kalangan MC dan seorang native speaker asal Australia. Karena dorongan orang tua, guru dan teman-teman, saya memberanikan diri untuk berpartisipasi. Dengan bimbingan dari Guru Bahasa Inggris dan Guru ELS Broadcasting, serta penyertaan Tuhan Yesus, saya berhasil meraih juara I. Semoga melalui lomba ini, saya dapat memuliakan Tuhan dan terpacu untuk belajar tentang broadcasting.

 

news caster 1.JPG

The First Champion of National Bridge Competition,

Petra Christian University

The First Champion of National Bridge Competition, Petra Christian University

 Perjuangan panjang telah kami lalui bersama selama Bridge Competition 2016. Bridge Competition tingkat nasional adalah lomba yang diadakan oleh Universitas Kristen Petra. Mulai hari pertama tanggal 26 Februari 2016 kami tim dari SMA Kristen Petra 4 Sidoarjo yang beranggotakan; Ivana Reissa, Tania Priscilia kelas X - 2 dan Joshua Fandi dari kelas XI IPA 1 mengikuti briefing day yang bertempat di Universitas Kristen Petra hingga babak final yaitu tanggal 1 – 2 April 2016 yang bertempat di Ciputra World, Surabaya. Selama liburan kami tak sempat untuk bermain atau pun berjalan jalan di mall, yang kami lakukan adalah fokus untuk mempersiapkan diri dengan latihan latihan membuat jembatan untuk menghadapi babak final yang semakin mendekat. Berbeda dengan tahun tahun sebelumnya, yaitu setiap tim akan ditentukan model jembatan apa yang akan dibuat, tahun ini model jembatan yang akan dibuat dibebaskan bentuknya oleh panitia, asalkan bentuknya dapat diidentifikasi sebagai sebuah jembatan. Kami sungguh tak menyangka akan sampai ke babak final. Awalnya di saat babak penyisihan ada rasa takut dalam hati kami. Bagaimana tidak takut ketika melihat banyaknya saingan sekitar 345 siswa (yang terbagi atas 1 tim terdiri dari 2 -3 orang) dan hanya diambil 20 tim yang akan masuk ke babak final. Banyak rintangan yang kami hadapi, mulai dari saingan yang berat, susahnya menentukan waktu latihan bersama, dan lain – lain. Hari final pun tiba yaitu Jum’at, 1 April 2016, sekitar pukul 10 kami berangkat dari Sidoarjo menuju mall Ciputra World, Surabaya. Waktu 5 jam yang diberikan untuk pembuatan jembatan adalah waktu yang cukup singkat untuk dijalani. Ada beberapa kesalahan yang kami lakukan pada jembatan yang kami buat dan waktu yang semakin menipis membuat kami semakin khawatir. Sebelum lomba dimulai kami berdoa, setelah selesai membuat pun juga tak lupa kami berdoa. Keesokan harinya pada hari Sabtu, 2 April 2016 masih di tempat yang sama yaitu Ciputra World, Surabaya saat pengujian jembatan pun tiba, salah seorang dari anggota kami tidak bisa berdiam diri, ia terus melangkahkan kakinya ke kanan dan ke kiri. Di saat kami memasukkan kerikil sebagai beban pada jembatan kami, tak disangka jembatan kami mampu menampung berat 37.5 kg dengan nilai efisiensi 1587. Kami pun terkejut dan berteriak senang. Waktu terus berjalan, pengujian jembatan pada sekolah – sekolah lain terus dilakukan, kami pun tetap berdoa. Waktu pengumuman juara pun tiba. Tak disangka kami tim dari SMA Kristen Petra 4 berhasil meraih juara pertama lomba Bridge Competition 2016. Semua itu tak akan terjadi tanpa pertolongan Tuhan, usaha keras, ketekunan, banyak berlatih, dan dukungan guru serta doa dari orang-orang terdekat kami. Akhir kata, hendaklah kita senantiasa mengandalkan dan memohon hikmat Tuhan dalam setiap langkah kehidupan kita. Tuhan Memberkati J Penulis : Ivana Reissa, Tania Priscilia, Joshua Fandi

 

bridge.JPG

The First Champion of National Bridge Competition,

Petra Christian University

Campina Tropica Deteksi Stepping On

Second Place! Puji Tuhan, kami, perwakilan tim dance SMA Kristen Petra 4 bisa membawa nama sebutan TraPat ini menjadi juara ke-2 dalam acara Campina Tropicana Deteksi Stepping On. Ini semua berawal dari DBL, salah satunya, ketika DBL yang lalu kami berhasil lolos kebabak final 5 besar untuk merebutkan juara 1, 2, dan 3, tapi sayang sekali kami belum bisa mendaptkan salah satu posisi tersebut. Alasan lainnya, karena kami juga tidak mau berhenti sampai disitu saja, kami ingin mengeksplor bakat kami dan juga kami ingin mengharumkan nama SMA Kristen Petra 4. Untuk menjadi yang terbaik, masalah demi masalah pun mulai muncul, mulai dari kostum, property, make up, dan lain-lain. Setiap hari kami latihan, dari siang hari sampai sore, bahkan pulang malam. Semua itu bukanlah menjadi beban bagi kami, yang terpenting kami bisa memberikan yang terbaik untuk sekolah kami dan khususnya dapat memuliakan nama Tuhan melalui keberhasilan kami nanti.

Tapi semua masalah itu adalah batu loncatan bagi kami untuk menjadi suatu tim yang solid dan lebih baik lagi. Pada tanggal 19 November, dimana tanggal terakhir dari tanggal yang sudah ditentukan panitia Det-Con (Campina Tropicana Deteksi Stepping On) untuk pertamanya kami memulai persaingan dengan sekolah lain. Deg-deg’an pastinya, tetapi hal ini dapat kami atasi, karena sebelum kami perform, kami awali dengan pemanasan terlebih dahulu dan berdoa bersama agar Tuhan membimbing dan menyertai kami terus dan tentunya kami juga berserah kepadaNya. Saat berada di stage, kami sudah tidak merasakan deg-deg’an lagi, semuanya terasa menyenangkan, dan kami hanya ingin memberikan yang terbaik. Setelah kami perform, kami juga mengakhirinya dengan berdoa bersama. Apapun hasilnya, menang ataupun kalah, itu urusan belakangan yang ada di benak kami, kami sudah berikan yang terbaik oleh karena itu untuk hasil kami serahkan semuanya hanya dalam nama Tuhan Yesus dan hanya bisa terjadi bila sesuai dengan kehendak Tuhan.

Waktu demi waktu pun berlalu, selanjutnya adalah saat-saat dimana yang ditunggu-tunggu sudah nampak. Pengumuman! Hmm, ini yang kami tunggu-tunggu. Kami juga tidak lupa untuk berdoa sebelum pengumuman. Pengumuman pun dimulai, satu per satu nama dari sekolah-sekolah lain disebut. Setelah beberapa nama disebut, dan akhirnya SMA Kristen Petra 4 masuk dalam 6 besar dari 20 sekolah. Setelah keluar dari stage, kami mengucap syukur serta mengakhirinya dengan berdoa. Dalam babak 6 besar ini, pastinya persaingan semakin ketat dan berat, kami juga harus latihan lebih serius dan lebih giat lagi agar dapat meraih posisi pertama. Setelah latihan kami cukup, telah tiba saatnya pada tanggal 21 November kami berkompetisi untuk yang terakhir kalinya meperebutkan juara 1, 2, 3. Nama sekolah yang masuk 6 besar antara lain: SMA Trimurti, SMA Saint Louis, SMAN 5, SMA Frateran, SMAN 8, dan SMA Kristen Petra 4. Sebelum nama dari sekolah kami dipanggil, tak lupa kami mengawalinya dengan berdoa bersama dan pemanasan, tiba saatnya nama sekolah kami dipanggil, kami menampilkan yang terbaik yang bisa kami beri.

Setelah penampilan itu hal yang kami kerjakan adalah menunggu hasilnya dan menyerahkan segala usaha kerja keras kami selama ini didalam nama Tuhan Yesus. Dan, pengumuman pun tiba. Saat semua perwakilan dari sekolah-sekolah memasuki stage, para MC pun mulai membacakan pemenangnya. "Jeng... jeng.... jeng ..... jenggg, third place diraih oleh SMAN 5 Surabaya, second place diraih oleh SMA Kristen Petra 4 Sidoarjo, dan first place diraih oleh SMA Katolik Frateran Surabaya." Rasa senang, haru, semua bercampur menjadi satu. Kami langsung mengucap syukur atas apa yang telah Tuhan berikan untuk kami dan SMA Kristen Petra 4. Meskipun kami bukan menjadi juara pertama, tapi kami sudah lebih dari pemenang. Kami juga bangga karena SMA Kristen Petra 4 adalah satu-satunya sekolah dari Sidoarjo yang berhasil lolos kebabak final dan dapat meraih juara ke-2, dan baru kali ini juga SMA Kristen Petra 4 berhasil masuk 3 besar dalam kompetisi yang diadakan oleh Deteksi-Con ini. Akhirnya SMA Kristen Petra 4 membuka sejarah baru. Semua usaha kami tidak sia-sia, semuanya terbayar dan semua ini bisa terjadi karena campur tangan Tuhan, doa orang tua, dukungan dari kerabat-kerabat, sekolah dan guru-guru. Terima kasih atas segalanya. Jangan lupa mengawali dan mengakhiri segala sesuatu dengan berdoa dan berserah kepadaNya! God bless us. Hidup SMA Kristen Petra 4.

spartan-4.jpgspartan-11.jpgspartan-12.jpgspartan-8.jpgspartan-1.jpg

boost the values reap the success